Strategi Permodalan Developer Properti Dengan Mencari Investor

Bisnis property memang sedang booming akhir-akhir ini, ditambah lagi dengan banyak investor yang masuk yang bersedia mendanai bisnis-bisnis property dalam bidang apapun yang membuat peluangnya semakin besar. Apalagi bagi mereka yang memiliki finansial yang terbatas, tentu saja kehadiran investor akan sangat membantu. Namun masalahnya, tak semua developer memiliki kemampuan dalam menarik investor agar mau berinvestasi dalam proyek property tersebut. Nah bagi anda yang ingin mencari investor untuk property bisnis yang anda lakukan, mungkin strategi di bawah ini akan sangat membantu anda.

 

 

Lakukan Analisa Terhadap Bisnis Properti

 

Sebelum anda mencari investor, akan lebih baik jika sebelumnya anda melakukan analisa mendalam terhadap bisnis yang anda jalani. Analisa ini dibutuhkan agar anda mengetahui apa saja yang dibutuhkan sebagai kebutuhan untuk memulai rpoyek. Tak hanya proyek, anda juga perlu menganalisa profil dari calon investor anda. Sehingga nantinya anda tak salah pilih dalam mengajak investor untuk bekerja sama. Jangan sampai nantinya investor yang anda ajak untuk kerja sama memiliki visi misi yang tidak sesuai dengan proyek yang anda buat. Harus ada kesepahaman antara pihak developer property dengan pihak investor sehingga nantinya semua pekerjaan akan berjalan lancar tanpa ada salah paham.

 

 

Sumber Modal Untuk Developer Properti

 

Ada beberapa sumber modal yang bisa anda manfaatkan untuk menjalankan bisnis developer property milik anda, antara lain adalah:

 

 

  1. Modal Dari Diri Sendiri

 

Kondisi ini adalah yang paling ideal saat anda membutuhkan modal untuk menjalankan bisnis property. Jika anda sudah melakukan pembelian tanah dengan menggunakan uang sendiri serta membangun proyek tersebut atas nama diri anda sendiri maka tentu saja anda akan lebih mudah untuk mengontrol dan mengatur proyek yang berjalan sesuai dengan keinginan anda. Selain itu, dengan menggunakan modal sendiri tentu saja keuntungan yang anda dapatkan juga menjadi milik anda tanpa perlu dibagi dengan orang lain.

 

 

  1. Modal Dari Anggota Keluarga

 

Jika modal yang anda miliki tidak cukup untuk memulai bisnis property, maka anda dapat mencoba meminta bantuan modal pada anggota keluarga anda. Yang dimaksud dengan anggota keluarga disini merupakan orang-orang yang hubungannya paling dekat dengan anda, misalnya seperti ayah, ibu, anak, adik, kakak, paman, bibi, dan lainnya. Biasanya keluarga akan mempercayai anda meminta bantuan untuk bekerja sama demi keperluan bisnis. Apalagi jika bisnis yang anda jalani merupakan bisnsi developer property yang mana merupakan bisnis yang memiliki fisik yang jelas. Barang yang dibeli dan diolah sudah jelas, yaitu tanah. Untuk perhitungan bisnis juga sangat jelas, termasuk pembagian keuntungan, transparan, serta dapat dibuatkan perjanjian secara tertulis.

 

 

  1. Modal Dari Crownfunding

 

Sumber modal lainnya yang bisa anda gunakan untuk membiayai bisnis property yang anda jalankan adalah melalui crwonfunding. Mungkin sebagian besar dari anda masih asing dengan konsep Crwonfunding. Sebenarnya crwonfunding adalah modal yang digunakan untuk berinvestasi patungan yang kini sedang populer di Indonesia. Definisi sederhana dari sistem crwonfunding ini adalah pendanaan usaha atau proyek dilakukan secara patungan dengan mengumpulkan sejumlah dana dari sejumlah orang.

 

 

Dapat dikatakan jika kampanye crwonfunding ini didanai langsung oleh masyarakat umum. Bisa saja keluarga, teman, rekan kerja, maupun orang lainnya yang tertarik dengan ide yang anda ajukan. Pada crownfunding, sistemnya orang yang membutuhkan dana membuat sebuah campaign yang digunakan untuk menerima donasi. Ada banyak situs-situs crowndfunding yang kini ada di Indonesia. Namun agar berhasil mendapatkan modal melalui crownfunding, anda bisa membaca tips di bawah ini.

 

 

  • Miliki produk yang hebat, apapun jenis dan bentuk produk yang akan anda tawarkan ke crownfunding. Pastikan jika produk tersebut memang memiliki banyak manfaat serta mampu menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat. jangan lupa untuk menjelaskan seberapa pentingnya proyek yang anda kerjakan tersebut.

 

  • Buat target yang realistis dan masuk akal. Jangan membuat target yang sebenarnya tidak dibutuhkan pada proyek anda. Jangan memasang target dana yang terlalu tinggi, hal ini malah akan membuat investor mengurungkan niatnya untuk mendanai proyek anda.

 

  • Buat konten video yang menarik yang mendeskripsikan mengenai proyek yang anda jalankan. Melaui video, nantinya anda akan memiliki peluang yang cukup besar dalam menarik perhatian investor dengan cepat. Di dalam video tersebut anda bisa menjelaskan secata detail mengenai proyek yang anda kerjakan serta manfaat apa yang bisa didapatkan dari proyek tersebut.

 

  • Jangan lupa untuk terus update secara rutin terhadap segala aksi-aksi yang sudah anda lakukan. hal ini dapat berupa update tentang pencapaian target, respon positif yang sudah diterima, jangka waktu yang dibutuhkan agar dapat mencapai target dan lainnya. dengan cara ini, maka pihak lain yang belum ikut bergabung di dalamnya menjadi antusias. Anda bisa melakukan update, sekitarnya per hari ataupun per minggu.

 

 

  1. Modal Dari Investor Tunggal

 

Sumber modal lainnya yang bisa anda coba untuk mendanai proyek property yang anda jalankan adalah dengan mengundang investor tunggal untuk membiayai proyek tersebut. Investor tunggal ini bisa berbentuk perorangan maupun badan hukum atau PT (perseroan terbatas). Untuk proyek yang berskala kecil, akan lebih menguntungkan jika anda menggunakan investor perorangan. Namun jika proyek property yang anda jalankan cukup besar, maka akan lebih baik untuk mengundang investor dalam bentuk koporat ataupun PT. Untuk besarnya keuntungan memang disepakati berdasarkan musyawarah bersama. Ada beberapa jenis pola bagi hasil yang dapat anda tawarkan kepada pihak investor, seperti presentase terhadap keuntungan bersih ataupun berdasarkan jumlah modal yag disetorkan. Tidak ada patokan yang pasti yang menjadi dasar perhitungan untuk bagi hasil kepada pihak investor.

 

 

Pahami Keinginan Investor

 

Tips bagi anda yang ingin mencari investor dalam property bisnis yang anda jalani adalah dengan memahami benar apa keinginan dari pihak investor. Dengan begitu nantinya anda bisa menyelaraskan dengan keinginan anda sebagai developer property. Perlu anda ketahui, jika ada berbagai macam tipe investor yang terkadang tidak sesuai dengan yang ada dalam sistem kerja developer property. Ada investor yang hanya menanamkan modal namun tidak ikut campur dalam pekerjaan. Namun juga ada pihak investor yang memposisikan dirinya sebagai konektor, mentor, bahkan evaluator terhadap kinerja dari proyek property yang anda jalani. Karena itu lah, sangat penting bagi anda memahami bagaimana keinginan dari pihak investor. Dan tentu saja hal ini juga harus ditindaklanjuti dengan adanya perjanjian tertulis yang mencakup tentang sejauh mana kewenangan yang dimiliki investor. Jangan sampai nantinya investor yang bekerja sama dengan anda terlalu ikut campur bahkan mengontrol pada tugas-tugas utama developer property. Jika hal ini sampai terjadi maka tentu saja akan sangat menganggu kinerja dari perusahaan tersebut.

 

 

Nah itu tadi strategi permodalan developer property dengan mencari investor-investor yang nantinya dapat membantu mendanai usaha anda. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

0/5 (0 Reviews)

Leave a Reply