Pentingnya Lokasi, Harga dan Sertifikat Tanah Untuk Proyek

Ketika akan membangun sebuah proyek tentulah memerlukan persiapan yang sangat matang baik itu dalam segi anggaran dana maupun tentang perizinan yang harus Anda urus. Apalagi jika Anda akan membangun sebuah proyek properti maka beberapa persiapan haruslah Anda penuhi terlebih dahulu sebelum menjalankan proyek tersebut. Karena jika salah satu hal penting yang harusnya Anda urus terlewatkan maka proyek Anda tidak akan berjalan lancar seperti seharusnya.

 

 

Hal Penting yang Harus Di Perhatikan Sebelum Membuat Proyek

 

Salah satu hal penting yang harus Anda urus sebelum membangun sebuah proyek properti adalah lokasi, harga dan sertifkat tanah. Tiga hal ini merupakan hal yang sangat penting untuk sebuah proyek dan tidak bisa Anda abaikan begitu saja. Adapun alasan kenapa ketiga hal ini tidak boleh Anda abaikan adalah sebagai berikut ini.

 

 

  1. Lokasi

 

Lokasi menjadi salah satu hal yang sangat penting yang harus Anda penuhi perijinannya sebelum membangun sebuah proyek properti diatasnya. Tentang lokasi yang akan di gunakan untuk membangun sebuah proyek juga di atur di dalam Undang-Undang yang berada pada peraturan Menteri Negara Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional No 5 Tahun 2015 yang berisikan tentang ijin lokasi yang akan di gunakan untuk pembangunan sebuah proyek.

 

 

Selain ada peraturan yang mengatur tentang lokasi pemilihan lokasi yang strategis juga menjadi hal yang sangat penting karena jika Anda salah memilih sebuah lokasi yang akan Anda jadikan sebagai tempat pembangunan proyek Anda maka akan berdampak buruk pada kemajuan proyek yang Anda bangun. Oleh karena alasan itulah mengapa memilih dan mengurus perijinan sebelum membangun sebuah proyek adalah hal yang penting.

 

 

  1. Harga Tanah

 

Selain mempertimbangkan tentang lokasi tanah yang akan gunakan untuk membangun sebuah proyek properti hal penting selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah tentang harga dari tanah yang akan Anda gunakan tersebut. Disini harga tanah bisa menjadi sebuah hal penting di karenakan tidak mungkin Anda membangun sebuah proyek di atas tanah yang memiliki harga tinggi tetapi sangat jarang orang yang berkunjung di area tersebut. Ada banyak sekali cara yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan harga tanah terbaik diantaranya adalah melihat harga tanah yang ada di pasaran baik itu survey secara langsung maupun melihat di internet, bertanya kepada orang yang tinggal di area tersebut, atau juga bisa dengan cara melihat SPPT PBB dari tanah tersebut.

 

 

  1. Sertifikat Tanah

 

Memilki tanah yang sudah bersetifikat merupakan hal yang wajib yang harus di penuhi seorang pengusaha yang akan membangun sebuah proyek di atas tanah tersebut. Alasan utama yang mendasari kenapa harus mengurusi sertifikat tanah adalah untuk memenuhi atau mematuhi aturan hukum yang berlaku tentang pentingnya tanah yang bersertifikat. Tentu Anda tidak ingin proyek Anda di gusur hanya karena Anda belum mengurusi sertifikat tanah Anda. Selain itu dengan memiliki sertifikat tanah maka tanah Anda akan jelas menjadi miliki siapa dengan pernyataan tertulis tersebut.

 

 

Beberapa alasan di atas lah yang mendasari mengapa sebuah lokasi, harga, dan sertifikat merupakan hal yang sangat penting yang harus Anda urusi sebelum membangun sebuah proyek di atas tanah atau lahan tersebut. Mematuhi aturan hukum yang sudah di terapkan oleh pemerintah tentang pembangunan sebuah proyek adalah hal yang sangat penting untuk keberlangungan proyek Anda oleh karena itu tetap taati peraturan dan menjalankan proyek Anda sesuai dengan hukum yang berlaku.

0/5 (0 Reviews)

Leave a Reply