Pembangunan Umum

Pembangunan umum adalah proses pembuatan atau pembangunan sebuah bangunan ataupun jalan yang berfungsi sebagai tempat umum. Pembangunan umum ini memang di tujukan kepada masyarakat luas dan tidak hanya di gunakan oleh sekelompok orang saja karena memang tujuan adanya pembangunan umum ini agar orang umum atau masyarakat luas dapat menggunakan fasilitas tersebut dengan baik dan tidak hanya sebagian orang saja yang menggunakannya. Biasanya pembangunan umum ini di biayai oleh pemerintah setempat jika pembangunannya di lakukan di daerah perkotaan atau di daerah luas yang di gunakan oleh orang banyak dan tidak hanya orang dari daerah tersebut saja. Berbeda jika bangunan umum ini terletak di daerah perdesaan seperti di daerah RT atau RW setempat maka biasanya masyarakat setempat yang akan saling bahu membahu dalam pembangunan ini baik dalam segi tenaga maupun biaya. Pembangunan umum ini dapat berupa jalan raya yang menghubungkan antar kota ataupun taman kota dan daerah hijau. Pembangunan umum di bagi menjadi beberapa bagian diantaranya adalah sebagai berikut.

 

 

Pembangunan Jalan Dan Saluran Drainase

 

Tipe pertama dari pembangunan umum yang tentunya sudah banyak orang yang sudah tahu adalah pembangunan jalan di perkotaan maupun di kabupaten. Pembangunan jalan jenis ini biasanya untuk dananya di biayai oleh pemerintah kota maupun pemerintah di kabupaten. Sebelum di laksanakannya pembangunan jalan maka harus melalui proses yang panjang baik itu mulai dari persiapan berbagai macam dokumen, persiapan kondisi lahan, persiapan properti untuk pembangunan dan masih banyak lagi hingga mencapai proses pembangunan bangunan tersebut.

 

 

Adapun proses pembangunan jalan dan saluran drainase adalah sebagai berikut:

 

 

  1. Membersihkan lokasi: Sebelum memulai sebuah proyek utamanya pembuatan sebuah jalan tentu saja hal pertama yang harus di lakukan adalah memastikan bahwa lahan yang akan di gunakan memiliki kondisi yang bersih dari hambatan dan layak untuk di bangun. Bersih dari hambatan di sini berarti terbebas dari adanya beberapa gangguan seperti bongkahan batu besar, pohon-pohon besar, maupun rumput liar yang kondisinya sudah sangat tinggi hingga menutupi sebagian besar lahan yang akan di jadikan proyek tadi. Jika di area lahan proyek di temukan hambatan seperti ini maka Anda harus membersihkannya dan tidak boleh membiarkan begitu saja karena dapat mengganggu pekerjaan proyek nantinya.

 

  1. Penggarapan tanah: Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan untuk pembangunan sebuah jalan setelah melalui proses pembersihan lokasi maka langkah berikutnya adalah mulai menggarap tanah tadi. Proses penggarapan tanah ini bisa berupa pengurukan bagian-bagian tanah yang perlu di urug hingga semua bagian tanah atau lahan menjadi rata dan tidak ada yang tinggi sebelah. Usahakan pengurukan di lakukan secara bertahap hingga terbentuk lapisan tanah setebal 15 cm. Pengurukan tanah ini yang akan di jadikan sebagai badan jalan nantinya oleh karena itu tanah tidak boleh tinggi sebelah.

 

  1. Pembuatan drainase: Drainase merupakan bagian yang sangat penting bagi sebuah jalan. Karena pembuatan drainase ini bertujuan agar ada tempat untuk air mengalir dan air tidak menggenang di satu tempat saja sehingga tidak akan menyebabkan banjir ketika musim hujan datang. Drainase merupakan saluran air yang di buat di salah satu bagian jalan agar tetap ada tempat air untuk mengalir.

 

  1. Gravelling (pemadatan badan jalan): Tahap selanjutnya setelah drainase selesai di buat adalah gravelling atau yang biasa di sebut sebagai tahapan pengerasan badan jalan. Proses ini bertujuan agar badan suatu jalan memiliki tekstur yang padat dan keras serta kuat untuk menopang jalan dan badan jalan meskipun di terpa berbagai macam musim yang sangat ekstrim seperti saat ini. Proses gravelling di mulai dengan memberikan lapisan ke badan jalan berupa batuan alam dengan ketebalan lapisan sekitar 15 hingga 20 cm. Kandungan material yang harus ada pada campuran untuk pemadatan badan jalan ini adalah pasir sekitar 20 hingga 40%, batuan 35 hingga 65% dan tanah liat sekitar 10 hingga 25%.

 

  1. Proses pengerasan jalan: Proses terakhir yang harus Anda lakukan adalah proses pengerasan jalan agar jalan memiliki kontur yang rata dan juga kuat sehingga dapat menopang berbagai macam kendaraan yang jalan di atasnya dengan berat yang berbeda- beda.

 

 

Pembangunan Pos Keamanan

 

Bangunan untuk selanjutnya yang keberadaannya tidak kalah penting dengan jalan raya adalah pos keamanan. Pembangunan pos keamanan merupakan hal yang harus Anda lakukan agar wilayah yang berada di area atau lahan tersebut tetap aman dengan adanya pos keamanan ini. Biasanya sebelum membangun sebuah pos keamanan maka akan di buat rancangan pos kemanan terlebih dahulu. Bagaimana bentuknya, apa saja material yang di butuhkan dan berapa anggaran untuk RAB nya. Setelah semua di selesai maka tinggal melanjutkan ke proses pembuatan pos keamanan.

 

 

Musholla / Masjid Dan Taman Bermain

 

Mengingat Indonesia adalah negara yang mayoritasnya adalah pemeluk agama Islam maka pembangunan sebuah masjid atau tempat ibadah di area lahan bangunan umum adalah hal yang wajib. Selain masjid atau musholla Anda juga harus menganggarkan pembangunan tempat ibadah untuk agama yang lain karena Indonesia merupakan bhineka tunggal ika yang tidak hanya terdiri dari agama Islam saja tetapi juga agama yang lain. Selain pembangunan tempat untuk ibadah bangunan umum yang harus ada di satu area adalah taman bermain. Keberadaan taman termain termasuk bagian bangunan umum yang penting karena taman bermain termasuk ke dalam area hijau yang harus ada di suatu daerah atau perkotaan.

 

 

Pembangunan Unit Rumah

 

Setelah jalan, pos keamanan, masjid dan taman bermain sudah jadi maka Anda juga dapat membangun bangunan umum berupa unit rumah. Karena jika sebuah lahan yang akan di gunakan untuk pembangunan unit rumah dekat dengan jalan raya dan taman bermain maka sudah di pastikan area unit rumah tersebut ramai di kunjungi oleh banyak orang. Dan orang yang tinggal di area unit perumahan tersebut tidak perlu takut untuk mengajak anaknya main kemana-mana karena sudah ada taman bermain di daerah tersebut. Apalagi daerah dekat unit perumahan tadi sudah di lengkapi dengan tempat dan pos keamanan yang akan menjaga kemananan di sekitar area perumahan tadi. Dan dengan fasilitas selengkap ini proyek unit perumahan yang Anda bangun akan mudah terjual karena pastinya banyak juga developer yang akan mulai membangun pusat perberlanjaan di area tadi mengingat semua fasilitas sudah ada pada satu tempat.

 

 

Proses pembangunan bangunan umum tidak lah sesederhana kelihatannya karena ada banyak sekali persiapan yang harus di lakukan. Baik itu dalam proses pengurusan dokumen-dokumen tanah, penyiapan material hingga memulai proses pembangunan bangunan untuk umum dengan fasilitas yang lengkap.

0/5 (0 Reviews)

Leave a Reply