Mengenal Bahan, Kegunaan dan Jenis Akrilik

Akrilik memiliki bentuk mirip dengan kaca. Namun dibandingkan kaca biasa, akrilik lebih unggul karena memiliki lebih banyak kelebihan. Paling utamanya adalah lebih tahan atau kuat serta bersifat fleksibel. Selain itu, produk-produk berbahan akrilik memiliki warna elegan dan tahan beban. Selain itu, ada banyak kegunaan dan jenis akrilik yang menarik untuk diketahui. Artikel ini akan membahas hal tersebut.

 

 

Pengunaan akrilik pada material bangunan untuk peganti kaca lebih disarankan. Hal tersebut karena ada banyak kelebihannya. Mulai dari lebih ringan, tahan cuaca walaupun dibiarkan di luar ruangan, mudah didaur ulang, warna jernihnya dapat bertahan bertahun-tahun, dan kemudahan dalam perawatan.

 

 

Pasti Anda sangat penasaran apa saja kegunaan dan jenis akrilik, bukan? Berikut ini penjelasannya.

 

 

Kegunaan Akrilik

 

 

  1. Digunakan untuk Kenopi Rumah

 

Sifatnya yang tahan cuaca serta lebih kuat dibandingkan kaca sangat cocok digunakan untuk kenopi rumah. Namun kenopi akrilik lebih mahal dibandingkan kenopi kaca. Walaupun demikian untuk kualitasnya tidak perlu dipertanyakan lagi sebab Anda tidak perlu ganti kenopi bertahun-tahun. Jadi bisa dikatakan jatuhnya lebih hemat menggunakan kenopi akrilik dibandingkan kaca, bukan?

 

 

Warna-warna atap kenopi akrilik juga beraneka ragam tidak seperti kaca. Walaupun kebanyakan masyarakat lebih menyukai atap akrilik berwarna bening maupun putih. Tetapi jika Anda ingin memberikan kesan lebih berwarna pada kenopi rumah. Anda dapat memilih warna akrilik cerah, seperti merah muda ataupun hijau.

 

 

  1. Memperindah Ruangan dengan Dekorasi Akrilik

 

Anda juga dapat menggunakan akrilik sebagai dekorasi rumah. Mulai dari rak buku berbahan akrilik, rak tempat makeup, ataupun bingkai foto. Warnanya yang transparan membuat benda-benda yang ditaruh di rak maupun bingkai menjadi lebih menarik. Anda dapat menyesuaikan warna tersebut dengan cat dinding maupun mabel yang di ruangan tersebut.

 

 

Benda-benda seni lain berasal dari akrilik juga banyak dijual di pasaran. Misalnya, patung, bunga, dan sebagainya.

 

 

  1. Meja, Kursi, dan Dinding Berbahan Akrilik

 

Menempatkan meja maupun kursi berbahan akrilik adalah ide yang cemerlang. Ruangan akan lebih unik dan menyenangkan. Serasa ada di rumah kaca yang penuh dengan benda-benda yang terbuat dari kaca. Ada banyak produk jenis ini dijual di pasaran, yang lebih diminati adalah warna akrilik bening.

 

 

Tak hanya itu, memberikan sekat ruangan dengan dinding akrilik sangat diajurkan apalagi yang memiliki rumah tidak terlalu luas. Dengan menggunakan sekat akrilik, ruangan akan lebih terlihat luas.

 

 

Jenis Akrilik

 

 

  1. Akrilik Ekstrusi

 

Kelebihan dari jenis akrilik ini adalah bahannya lebih lembut dibandingkan akrilik cetakan.  Karena sifatnya tersebut, membuat akrilik ekstrusi mudah tergores dan mudah tertempel kotoran. Di pasaran Indonesia, jenis ini mudah dijumpai dan memiliki kualitas yang baik. sehingga dapat digunakan untuk berbagai produk seperti display, plang, dan sebagainya.

 

 

  1. Akrilik Cetakan

 

Akrilik cetakan lebih diminati di pasaran karena kualitasnya lebih baik dibandingkan jenis lainnya. Warna seperti kaca yang tranparan juga sangat elegan. Sehingga, tidak salah jika harga akrilik jenis ini cukup mahal. Jenis ini biasanya digunakan untuk kursi, meja, dan benda-benda lain yang perlu material yang tahan terhadap berat.

 

 

Harga akrilik ditentukan oleh merk, jenis warna, dan ukuran. Untuk jenis warna, akrilik ini memiliki warna bening, susu, dan solid. Kira-kira kisaran harga paling murah material tersebut Rp.200.000 hingga Rp500.000.

 

 

Anda dapat membeli material ini dengan menyesuaikan kegunaan dan jenis akrilik yang diinginkan. Demikian informasi mengenai akrilik, semoga bemanfaat untuk Anda.

0/5 (0 Reviews)

Leave a Reply