Kenapa Harus Memiliki Passive Income?

Salah satu cara untuk menuju kebebasan finansial adalah dengan cara memiliki passive income. Passive income merupakan penghasilan yang diterima oleh seseorang secara teratur dan terus menerus, tidak peduli apakah orang tersebut bekerja atau tidak. Ibaratnya ketika Anda tidur, penghasilan terus masuk dengan sendirinya. Begitu pula ketika Anda bangun, penghasikan tetap akan Anda dapatkan.

 

 

Tentu saja tidak mudah untuk mendapatkan passive income ini, butuh pengorbanan dan usaha yang lebih di awal untuk bisa merealisasikan mimpi memiliki pendapatan di saat tidur. Tapi tenang, semua itu bisa Anda capai ketika Anda memiliki strategi yang jitu untuk mendapatkan passive income yang diidamkan.

 

 

Salah satu jenis passive income yang paling menggiurkan hasilnya adalah berinvestasi di bidang properti. Properti yang nilainya tidak akan turun bahkan naik terus secara signifikan mampu menjawab pertanyaan Anda seputar passive income ini. Bahkan hampir semua orang membutuhkan properti, baik untuk dibeli maupun disewa, inilah yang membuat investasi di bidang properti tak ada matinya.

 

 

True Life Begins at 40

 

Jika ditanya seberapa penting passive income tersebut, maka jawabannya adalah sangat penting. Seperti yang kita ketahui bahwa waktu yang kita miliki di dunia ini sangat berharga, tak tergantikan oleh apapun. Bahkan uang yang dimiliki pun tak akan bisa menggantikan banyaknya waktu yang telah Anda habiskan untuk melakukan sesuatu. Setiap orang memiliki jatah waktu yang sama dalam satu harinya, yaitu 24 jam saja. Namun setiap orang memiliki jatah uang yang dihasilkan berbeda-beda tergantung dari usahanya yang dilakukan selama memanfaatkan waktu tersebut.

 

 

Ketika waktu Anda telah Anda habiskan untuk melakukan sebuah pekerjaan dan hasilnya masih biasa-biasa saja, saatnya Anda perlu berpikir untuk memiliki passive income. Di usia 40 tahun, produktivitas Anda sudah mulai menurun tidak sebanding dengan kebutuhan yang terus menerus menanjak. Sebagai contoh, di usia 40 tahun Anda perlu biaya besar untuk menyekolahkan anak ke jenjang yang lebih tinggi, perlu banyak biaya untuk menikahkan anak kelak, dan juga butuh banyak biaya untuk merealisasikan mimpi-mimpi Anda di waktu muda, Dan sejujurnya, hidup yang sesungguhnya telah dimulai pada usia 40 tahun dimana akan terlihat apakah usaha Anda selama muda berhasil membawa kemakmuran di masa mendatang atau tidak.

 

 

Jika di usia kurang dari 40 tahun Anda telah memiliki passive income yang menghasilkan, maka secara otomatis hidup Anda akan jauh lebih mulus kedepannya. Istilahnya, Anda telah memiliki tabungan yang cukup untuk meraih kebebasan finansial yang sebesar-besarnya. Disinilah pentingnya passive income yang Anda miliki sejak muda. Dan kalaupun Anda harus memulai untuk memiliki passive income di usia 40 tahun, juga tidak masalah. Justru di usia ini Anda telah memiliki posisi atau jabatan yang cukup strategis untuk memulai mendapatkan passive income Anda. Anda bisa mulai dengan membeli property seperti rumah atau kost yang bisa disewakan, sehingga uangnya bisa terus Anda nikmati setiap bulannya tanpa harus bekerja dan mengolahnya.

 

 

Perbandingan investasi properti dengan investasi lainnya

 

Seperti yang telah disinggung diatas, bahwa cara memperoleh passive income paling mudah dengan hasil yang maksimal adalah dengan investasi di bidang properti. Harga properti yang terus melambung membuat investasi di bidang ini dilirik oleh banyak orang. Properti yang Anda beli juga bisa disewakan sehingga menghasilkan passive income yang memggiurkan setiap bulannya.

 

 

Bila dibandingkan dengan investasi saham, investasi properti lebih mudah untuk dikelola dengan resiko yang minim. Misalnya ketika Anda memiliki uang sebanyak Rp 1 M, maka Anda hanya bisa membeli saham seharga Rp 1 M saja sesuai dengan harga saham yang dijual. Dan keuntungannya pun belum tentu bisa Anda dapatkan secara penuh, semua tergantung permainan dan aturan yang ada di pasar mosal serta naik turunnya saham perusahaan. Berbeda jika Anda investasi properti, dengan uang Rp 1 M Anda bisa membeli rumah kost sebanyak 3 unit sekaligus. Harga 3 unit rumah kost memang bisa lebih dari Rp 1 M, namun dengan cara KPR bank atau solusi pendanaan lainnya, Anda bisa memperoleh rumah kost tersebut dan untuk membayar cicilannya Anda bisa sewakan kost tersebut. Jika tidak ingin KPR, Anda bisa membeli kost dengan harga Rp 1 M kemudian menyewakannya per kamar. Tentu saja keuntungan berupa passive income akan Anda dapatkan per bulan dengan menyewakan kost tersebut.

 

 

Jika dibandingkan dengan investasi emas, investasi properti juga lebih unggul. Memang sifat properti tidak se-liquid emas yang bisa dijual kapan saja, namun nilainya yang terus menerus naik membuat investasi properti lebih menggiurkan. Selain itu harga emas yang cenderung stabil dan lebih murah dibanding properti memang memudahkan Anda dalam memilikinya, namun hasil investasi yang didapatkan tidak akan setinggi investasi property karena harga emas yang cenderung stabil. Dan yang terpenting, investasi emas tidak dapat dijadikan passive income, sedangkan investasi di bidang properti bisa dijadikan passive income dengan cara menyewakannya.

 

 

Kenapa bisnis properti kost menggiurkan?

 

Seperti yang telah disinggung diatas, salah satu cara untuk meraih passive income adalah dengan berinvestasi di bidang properti, termasuk berinvestasi properti berupa kost. Saat ini tak hanya mahasiswa saja yang membutuhkan kost untuk tempat tinggal, namun banyak juga pekerja yang mencari kamar kost untu dijadikan tempat tinggalnya. Anda hanya berinvestasi sekali, namun Anda bisa meraup untung besar dari banyaknya kamar kost yang Anda sewakan.

 

 

Dalam satu bulan, Anda bisa mendapatkan passive income yang lumayan dari banyaknya kamar kost yang disewakan. Kalaupun tidak semua kamar kost penuh, namun penghasilan tetap Anda dapatkan dari persewaan kamar lainnya. Ini sangat membantu finansial bulanan Anda, serta membuat mimpi untuk memiliki prenghasilan sembari tidur pun bisa tercapai.

 

 

Jadi dapat disimpulkan, bahwa memiliki passive income itu sangat penting dewasa ini. Beberapa alasan dibawah ini menjadi insight  tersendiri mengapa Anda harus memiliki passive income sekarang juga, salah satunya adalah dengan bisnis persewaan kamar kost.

 

 

  1. Memberikan Anda kebebasan waktu

 

Dengan memiliki passive income, Anda memiliki kebebasan waktu dalam bekerja. Anda tak terikat untuk mendapatkan penghasilan. Dalam kondisi sakit sekalipun, income tetap masuk karena penghasilan yang Anda dapatkan sifatnya pasif.

 

 

  1. Tidak lagi stress memikirkan masa depan

 

Ketakutan akan masa depan memang menjadi momok tersendiri bagi setiap orang. Namun dengan memiliki passive income, stress, takut dan cemas tersebut dapat diminimalisir karena ada yang bisa menjadi ‘topangan’ setiap bulannya.

 

 

  1. Menggapai kebebasan finansial

 

Dengan adanya passive income, Anda lebih cepat dalam mendapatkan kebebasan finansial Anda. Anda bisa tetap bekerja namun juga mendapatkan penghasilan tambahan dari passive income. Lumayan bukan?

 

 

So, sudahkah Anda memiliki passive income hari ini? Jika belum, upayakan ya!

5/5 (1 Review)

Leave a Reply