Kegunaan dan Jenis Triplek atau Kayu Lapis

Pasti Anda tidak asing lagi dengan triplek atau kayu lapis, bukan? Bahan properti satu ini selain mudah didapatkan juga harganya relatif lebih terjangkau dibandingkan jenis kayu lainnya. Jadi tidak salah, banyak masyarakat memilih jenis kayu tersebut untuk berbagai bangunan serta produk lainnya. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai kegunaan dan jenis triplek atau kayu lapis serta berbagai hal istimewa lainnya.

 

 

Mengenal Triplek

 

Triplek merupakan salah satu bahan olahan kayu yang dibuat oleh pabrik dengan cara merekatkan lapisan-lapisan kayu. Kayu yang biasa digunakan dalam pembuatan adalah kayu solid yang terkenal tahan lama. Teknik pembuatannya cukup sederhana. Selain itu, triplek juga dapat dibentuk lagi dan didaur ulang. Hal tersebut tentu menjadi kelebihan dari jenis kayu olahan satu ini.

 

 

Dalam pembuatannya, walaupun menggunakan teknik sederhana tetapi sangat memperhatikan prosedur agar triplek memiliki kualitas tinggi. Proses perekatan lapisan kayu akan sangat memperhatikan sudut urat agar hasil rekatannya kuat. Jumlah lapisan pun dihitung harus ganjil agar triplek nantinya memiliki konstruksi seimbang dan tidak membelok.

 

 

Setelah mengerti pengertian dari triplek. Selanjutnya, mari membahas mengenai kegunaan dan jenis triplek atau kayu lapis.

 

 

Berbagai Kegunaan Triplek atau Kayu Lapis

 

 

  1. Dinding Rumah

 

Triplek sering digunakan sebagai pengganti tembok semen. Baik untuk dinding rumah bagian luar ruangan maupun di dalam ruangan. Lebih baik menggunakan jenis triplek berkualitas tinggi seperti multiplek untuk bagian luar rumah maupun dalam agar lebih tahan lama. Penggunaan triplek ini selain harganya yang lebih murah, juga sangat mudah untuk dibongkar-pasang.

 

 

 

  1. Plafon

 

Plafon biasanya menggunakan asbes maupun jenis fiber lainnya. Namun tidak salahnya untuk menghemat biaya kontruksi, Anda dapat menggantikannya dengan kayu lapis. Karena berbahan ringan, platfon berbahan triplek lebih aman. Jika tiba-tiba ada gempa atau hal lain yang membuat platfon jatuh. Pastilah platfon triplek tidak akan membuat terluka.

 

 

 

  1. Kerajinan Tangan

 

Banyak sekali kerajinan tangan yang terbuat dari triplek, mulai hiasan dinding, patung dengan detail ukiran, kotak tisu, miniatur bangunan maupun alat tranportasi, dan masih banyak lagi. Banyak sekali para pengrajin mulai mengeluti kerajinan berbahan triplek karena sangat menguntungkan.

 

 

  1. Pembuatan Model

 

Para arsitektur sebelum membuat rumah pastinya akan membuat model rumah. Model rumah tersebut biasanya menggunakan triplek. Selain mudah dibentuk harganya relatif sangat murah. Triplek tersebut dipotong sesuai dengan model kerangka bangunan kemudian baru dilem hingga menjadi model.

 

 

 

 

  1. Pembuatan Rak

 

Rak lemari, buku, maupun jenis rak lainnya sering sekali menggunakan triplek sebagai bahan utamanya. Selain mudah dibentuk, jenis triplek berlapis melamine memiliki warna cerah yang menarik dan elegan. Sehingga membuat produk rak akan memikat para pembeli dan mempercantik ruangan.

 

 

  1. Papan Tulis

 

Kegunaan triplek lainnya adalah untuk membuat papan tulis. Papan tulis sangat dibutuhkan untuk belajar maupun kegiatan rapat untuk mencatat hal-hal penting. Jenis triplek yang cocok untuk papan tulis adalah blokmin.

 

 

Jenis Triplek atau Kayu Lapis

 

  1. Partikel Board

 

Jenis triplek satu ini memang tampak tebal namun sebenarnya kualitasnya paling rendah. Dibuat dari serbuk-serbuk kayu yang direkatkan hingga menjadi lembaran tebal. Hal tersebut membuat kayu lapis jenis ini mudah sekali ditembus air dan mudah keropos. Sehingga, jarang sekali ada orang membelinya. Namun bahan kayu lapis tersebut biasa ditemukan di furniture yang sudah jadi.

 

 

  1. Multiplek

 

Bisa dijamin, multiplek memiliki ketahanan yang lebih kuat dibandingkan jenis kayu lapis lainnya. Kayu olahan jenis ini berbahan baku plywood, yaitu kayu yang direkatkan secara berlapis-lapis dengan posisi bersilang kemudian dipress. Teknik pembuatan tersebut membuat multiplek memiliki pori-pori yang rapat dan tidak bisa ditembus air. Ada dua jenis kayu yang digunakan yaitu soft wood dan hard wood.

 

 

  1. Blockboard

 

Kebanyakan dari blockboard terdiri dari tiga lapis, lapis kayu yang tebal dengan setiap sisinya dilapisi kayu yang tipis. Kualitas jenis kayu lapis ini berbeda-beda sesuai dengan bahan kayu pembuatannya. Lapisan kayu yang tebal biasanya menggunakan kayu akasia maupun meranti. Sedangkan lapisan tipisnya dapat menggunakan kayu serat jati, serat kayu biasa, berlapis melaminto, dan serat lainnya.

 

 

  1. Blokmin

 

Blokmin merupakan singkatan dari blok melamin. Jenis kayu tersebut hampir sama seperti blockboard. Perbedaannya hanya pada penambahan pelapisan melantino pada kayu. Lapisan tersebut memiliki ketebalan 15 mm dan 18 mm. Dengan pelapisan tersebut kayu lebih kuat terhadap air dan pengeroposan. Contoh triplek berlapis melantino adalah whiteboard.

 

 

  1. MDF

 

Triplek berbahan serat kayu lainnya bernama Medium Density Fiberboard atau lebih sering disingkat MDF. Jenis kayu lapis satu ini sangat baik karena memiliki pori-pori yang sangat rapat. Kayu yang digunakan untuk membuat adalah kayu lunak maupun keras yang dicampur lem dan lilin. Selanjutnya dicetak pada mesin pencetakan yang memiliki suhu temperatur dan tekanan sangat tinggi. Hingga menghasilkan MDF berkualitas.

 

 

  1. Melaminto

 

Kayu lapis paling indah sampai sekarang dimiliki oleh melaminto. Hal itu karena penggunaan kayu ini lebih ditujukan untuk dekoratif. Dibuat dengan teknik pelapisan melamine berwarna-warni. Melanmine ini awalanya hanya berwarna putih, namun semakin berkembang ada banyak warna bermunculan. Mulai warna merah muda, biru muda, hijau muda, cream, dan warna lain sesuai pesanan.

 

 

Harga triplek bermacam-macam, sesuai dengan lebar serta kualitasnnya. Harga paling murah mulai Rp39.000 dari jenis triplek berbahan kayu keras. Sedangkan harga paling murah dari kayu lunak 40.000 per lembar.

 

 

Demikian informasi mengenai kegunaan dan jenis triplek atau kayu lapis yang mungkin sedang Anda butuhkan. Dengan mengetahui informasi tersebut, semoga Anda akan lebih mudah untuk memilih jenis triplek sesuai kebutuhan. Termasuk mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis kayu lapis.

0/5 (0 Reviews)

Leave a Reply