Kegunaan dan Jenis Metal Deck dalam Struktur Bangunan

Metal deck dengan profil dalam yang dibuat dari material baja ringan. Metal deck bisa digunakan pada struktur beton ataupun baja sebagai pelat lantai beton komposit. Metal deck dikenal juga dengan nama bondek, galvalum atau zincalume di pasaran. Kegunaan dan jenis metal deck antara lain atap metal deck untuk bangunan yang mempunyai bentang atap lebar seperti toko, swalayan, dan pabrik.

 

 

Penggunaan metal deck dapat mengurangi penggunaan kayu pada proses bekisting dan baja untuk tulangan, sehingga dapat menghemat anggaran. Semakin luas area yang dibangun dengan menggunakan metal deck, semakin besar penghematan yang bisa dilakukan.

 

 

Lebar atap metal deck tersedia mulai dari 600mm hingga 1000 mm dengan profil permukaan yang berbeda-beda, sementara panjangnya tidak dibatasi. Umumnya toko material memiliki mobil yang dapat membawa metal deck dalam bentuk gulungan ke proyek secara langsung.

 

 

Fungsi Metal Deck

 

Metal deck memiliki berbagai fungsi dalam pembuatan struktur bangunan, antara lain:

 

 

  1. Penahan beton dalam proses bekisting

 

Dalam proses bekisting, metal deck digunakan sebagai cetakan sementara untuk menahan beton ketika dituangkan. Dengan kata lain, metal deck berfungsi menggantikan kayu yang biasanya digunakan dalam proses bekisting konvensional. Hasil cetakan nantinya akan serupa dengan profil metal deck yang digunakan.

 

 

  1. Menghemat tulangan untuk pelat lantai

 

Metal deck yang berbahan baja bermutu tinggi dapat menghemat besi tulangan dalam sebuah proyek pembuatan pelat lantai. Dengan pemasangan semakin luas, penghematan anggaran dapat dilakukan.

 

 

  1. Material langit-langit atau plafon

 

Metal deck dapat digunakan sebagai plafon karena memiliki sistem penguncian atau sambungan samping yang sangat baik. Penguncian sambungan dapat ditingkatkan menjadi lebih baik dengan penggunaan fastener atau rivet. Plafon yang menggunakan metal deck umumnya pada toko, swalayan atau bangunan lain yang memiliki atap lebar.

 

 

Jenis-jenis Metal Deck

 

Jenis-jenis metal deck secara umum dibedakan dari ketebalan dan bahan pembuatnya. Jenis-jenis metal deck berbeda untuk setiap kebutuhan. Berikut beberapa jenis metal deck yang ada di pasaran saat ini:

 

 

  1. Bondek 600

 

Bondek 600 adalah metal deck yang dapat digunakan sebagai bekisting tetap dan tulangan positif. Material yang terbuat dari baja struktural berkekuatan tarik tinggi ini memiliki profil berbentuk searah sehingga membentuk plat komposit. Metal deck jenis ini merupakan yang terpopuler di pasaran.

 

 

  1. Floordeck 620

 

Floordeck 620 dibuat dari plat baja berkekuatan tinggi G-550, digunakan sebagai material pendukung beton komposit dan plat baja. Metal deck ini difungsikan sebagai bekisting tetap dan tulangan positif searah secara bersamaan.

 

 

  1. Combideck

 

Combideck dibuat dari plat baja yang diproses untuk segala jenis aplikasi struktur bangunan seperti atap, tulangan positif, dan bekisting.

 

 

  1. Smartdeck

 

Smartdeck yaitu bentuk inovasi tulangan baja untuk lantai yang lebih efisien dalam biaya dan desain untuk bangunan dengan beton komposit.

 

 

Perkiraan Harga Beberapa Jenis Metal Deck

 

Perkiraan harga floor deck per m2 dari merek dan ketebalannya:

 

 

  • Floordeck Alfa Prima tebal 0,7mm dan lebar 1 m seharga Rp98.000
  • Floordeck Bondek tebal 0,7mm dan lebar 1 m seharga Rp100.000
  • Floordeck Sakura tebal 0,75mm lebar 1 meter harga Rp100.000
  • Floordeck Alfa tebal 0,65mm lebar 1 meter harga Rp80.000
  • Floordeck Bondek tebal 0,85 mm lebar 1 meter harga Rp118.000

 

 

Demikian informasi tentang kegunaan dan jenis metal deck yang dapat digunakan dalam pembuatan struktur bangunan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

0/5 (0 Reviews)

Leave a Reply