Kegunaan dan Jenis Granit untuk Bangunan Rumah

Batu granit merupakan batuan yang terbentuk dari magma yang mengalami proses pembekuan di dalam bumi selama periode tertentu. Batu ini memiliki berbagai variasi warna yaitu abu-abu, putih, dan kombinasi. Tetapi ada juga batu granit yang berwarna jingga atau merah muda. Munculnya warna pada batu granit tersebut dipengaruhi oleh proses kimiawi dan kandungan mineral di dalamnya. Kegunaan dan jenis granit sebagai bahan bangunan sangat beragam sehingga banyak dimanfaatkan pada sektor konstruksi.

 

 

Batu granit yang tersedia di alam berukuran sangat besar dan keras. Agar dapat dimanfaatkan, granit dipotong sesuai ukuran dengan alat pemotong khusus. Melalui serangkaian proses, jadilah granit yang Anda kenal sebagai material bangunan.

 

 

Sebagai material bangunan, granit mempunyai keunggulan pada kekuatan serta warna dan kilau permukaan yang menawan. Selain itu, granit tidak mudah rapuh atau berubah bentuk, memberi kesan mewah, dan harganya lebih murah daripada marmer.

 

 

Material ini mampu bertahan sampai 10 tahun jika diaplikasikan pada bangunan. Namun kekurangannya, variasi warna dan corak granit tidak sebanyak marmer. Bobotnya juga lebih berat daripada material yang lain dan memerlukan alat potong khusus untuk menyesuaikan dengan kebutuhan.

 

 

Fungsi Material Granit

 

Granit berfungsi sebagai penutup dinding dan lantai. Granit sesuai untuk dipasang di area dalam atau luar ruangan. Sebab, granit tahan terhadap cuaca panas dan dingin serta mudah dibersihkan. Berbeda dengan marmer yang lebih lunak dan tidak tahan goresan. Granit memiliki pori-pori kecil dan tahan air. Oleh karenanya, granit umum digunakan pada area yang basah. Contohnya kamar mandi, dapur, dinding luar rumah, taman, kolam renang, dan lantai teras.

 

 

Penggunaan granit disarankan pada area yang sering diinjak dan terpapar sinar matahari. Pemasangannya tidak dapat dijadikan satu bidang dengan marmer karena karakter keduanya sangat berbeda. Jika pemasangan disatukan, akan merepotkan Anda sebab perawatan keduanya juga tidak sama.

 

 

 

Jenis-jenis Batu Granit

 

Terdapat beberapa jenis batu granit dilihat dari warnanya, antara lain:

 

 

  • Batu granit hitam: Granit ini mempunyai daya tarik dari kesan elegan yang ditimbulkan. Sesuai untuk diaplikasikan pada lantai dan dinding.

 

  • Batu granit biru: Granit yang dapat menghasilkan kesan elegan dan mewah pada ruangan.

 

  • Batu granit putih: Granit dengan harga paling terjangkau. Sesuai dipasang pada lantai yang sering dipijak, seperti teras atau beranda dan permukaan lain yang keras.

 

  • Batu granit emas: Batu granit ini sesuai untuk ruangan yang luas seperti aula atau balai pertemuan. Kelebihan jenis granit ini pada warnanya netral dan dapat dikombinasikan.

 

  • Batu granit cokelat: Granit dengan karakter warna yang hangat. Sesuai untuk dikombinasikan dengan keramik, kayu, dan logam.

 

  • Batu granit hijau: Dapat digunakan sebagai kombinasi warna granit yang lain sebagai aksen. Boleh digunakan untuk dinding ataupun lantai.

 

 

Perkiraan Harga Granit di Pasaran

 

Melengkapi ulasan tentang kegunaan dan jenis granit, kami pun akan bahas tentang kisaran harga batu granit di pasaran. Batu granit yang tersedia di pasaran memiliki merek yang beragam. Harga batu granit umumnya tergantung pada merek dan ukuran serta dihitung dengan satuan meter persegi.

 

 

Perkiraan harga granit dinding untuk ukuran 60×60 adalah sebagai berikut:

 

  • Havana Lappato Rp455.000
  • Havana Matt Rp445.000
  • Antica Fortuna Rp425.000
  • Niagara Lappato Rp475.000
  • Black Sea Lappato Rp475.500

 

 

Perkiraan harga granit untuk lantai:

 

  • Surface matt ocra 40×40 Rp149.550
  • Surface matt pearl 30×60 Rp169.550
  • Surface lappato ocra 40×40 Rp209.550
  • Surface lappato 30×60 Rp209.550

 

 

Itulah kegunaan dan jenis granit serta perkiraan harganya di pasaran. Dalam memilih material granit sebaiknya Anda perhatikan luas area tempat memasang dan konsep ruang atau bangunan. Selamat membangun.

0/5 (0 Reviews)

Leave a Reply