Jenis Properti Apa Saja yang Dapat Diperoleh dengan Fasilitas KPR?

Saat ini KPR atau Kredit Kepemilikan Rumah sudah sangat dikenal oleh masyarakat luas. Memang saat ini proses pembelian hunian dan properti lainnya menjadi lebih mudah dengan adanya sistem KPR yang disediakan oleh pihak bank. Secara umum, proses KPR ini adalah proses peminjaman dana ke bank untuk membeli properti lalu pembeli akan melunasinya dengan cara menyicil dalam kurun waktu yang telah disepakati biasanya 20 tahun. Dengan adanya program KPR ini bisa dibilang membuat industri properti di Indonesia semakin berkembang dan menjadikannya lahan baru untuk kepentingan investasi dan juga bisnis yang menggiurkan. Ditambah lagi pergerakan ekonomi mulai menggeliat dengan adanya perputaran uang di dalam bank.

 

 

Lalu apa saja yang bisa dibeli dengan metode KPR yang disediakan oleh bank ini? Memang setiap bank punya fitur sendiri untuk jenis properti yang bisa dibeli dengan cara KPR. Tapi secara umum ada beberapa jenis properti yang pastinya disetujui oleh seluruh bank untuk dibeli dengan cara KPR. Berikut ulasannya.

 

 

Rumah

 

Hunian rumah pribadi adalah jenis properti yang paling diminati masyarakat menggunakan program KPR dari bank. Mengidamkan rumah pribadi yang sesuai dengan kebutuhan rumah tangga, tentunya membuat KPR jadi solusi paling mudah untuk dilakukan. Tak perlu menunggu puluhan tahun, rumah idama bisa langsung ditempati dan dicicil dalam waktu yang disepakati. Untuk bisa mengajukan KPR rumah, ada beberapa persyaratan yang umumnya diminta oleh pihak bank, yaitu:

 

 

  • Kartu identitas seperti KTP, KK, SKCK, akta lahir, dan surat nikah.
  • Melampirkan slip gaji dan bukti bebas hutang untuk mempertimbangkan besaran cicilan tiap bulan.
  • Proses wawancara untuk meyakinkan pihak bank terhadap pengajuan KPR.
  • Melakukan pembayaran uang muka sesuai kesepakatan atau biasanya 30% dari harga rumah.

 

 

Apartemen

 

Tak hanya rumah pribadi, saat ini hunian apartemen pun cukup menggiurkan untuk dimiliki sebagai alternatif hunian berkelas di perkotaan dan investasi bernilai yang harganya terus merangkak naik setiap tahunnya. Apartemen menjadi salah satu jenis properti yang bisa juga didapatkan dengan metode KPR ini namun namanya menjadi KPA (Kredit Pemilikan Apartemen). Banyak kemudahaan yang ditawarkan oleh apartemen dibandingkan dengan rumah konvensional karena biasanya fasilitas yang lengkap dan juga lingkungan yang nyaman jadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk memilih apartemen daripada rumah. Meski begitu, bukan berarti harga apartemen lebih murah dari harga rumah, bahkan bisa jadi lebih mahal karena lengkapnya fasilitas yang diberikan. Jadi tak jarang metode KPA pun jadi solusi. Untuk bisa mengajukan KPA ini, biasanya ada syarat umum yang harus dipenuhi seperti berkas pribadi seperti pada pengajuan KPR di bank pada umumnya, selain itu ada beberapa syarat penting lainnya yang juga tak kalah penting yaitu:

 

 

  • Pemohon tidak masuk daftar hitam Bank Indonesia.
  • Memiliki track record baik dalam urusan kredit di bank.
  • Memiliki tabungan atau rekening Koran.
  • Memiliki akses uang masuk dan uang keluar di rekening yang sama.
  • Kooperatif terhadap persyaratan bank.
  • Memiliki penghasilan yang ideal dan naik setiap tahunnya.

 

 

Ruko

 

Bagi para pengusaha, memiliki ruko atau rumah toko tentu sangat menguntungkan untuk bisnis sekaligus tempat tinggal. Ruko ini bisa dijadikan sebagai tempat berdagang dan sekaligus tempat tinggal. Apalagi ruko biasanya berada di lokasi yang strategis seperti di pusat kota atau dekat dengan pusat perbelanjaan sehingga semakin menambah nilai ekonomisnya. Itulah yang membuat membeli ruko bisa membuat bisnis semakin lancar dan investasi jangka panjang yang tak kenal rugi. Masyarakat bisa mengajukan KPR untuk membeli ruko sebagai tempat usaha dan juga tempat tinggal. Meski biasanya area untuk tempat tingal berada di lantai atas sedangkan lantai bawah digunakan untuk membuka toko. Pihak bank menerima pengajuan pembelian ruko dengan cara KPR ini dengan persyaratan yang hampir sama dengan pengajuan KPR rumah konvensional.

 

 

  • Bank melakukan survey appraisal nilai asset properti.
  • Akad kredit disetujui, lalu Anda siapkan baiaya KPR dan adminaistrasi.
  • Melakukan akad kredit didepan notaris.
  • Bayar cicilan tiap bulan sampai jangka waktu yang sudah ditentukan.

 

 

Office space

 

Office space atau ruang kerja ini sangat dibutuhkan bagi penggiat profesi untuk menjalankan pekerjaannya. Membeli office space untuk keperluan pekerjaan dianggap langkah efektif dan lebih hemat dibandingkan dengan membeli tanah dan membangun kantor. Office space biasanya digabung dengan office space lain di dalam sebuah gedung besar sehingga tim kerja seolah tidak bekerja sendirian. Dengan semakin maraknya produk startup saat ini, tentu memiliki office space adalah langkah aman dan murah untuk mendapatkan tempat kerja yang lebih leluasa, namun juga tidak terpengaruh dengan kantor lainnya. Syarat untuk mengajukan KPR office space ini umumnya hampir sama dengan pengajuan KPR untuk rumah konvensional.

0/5 (0 Reviews)

Leave a Reply