Apa Saja Persyaratan untuk Pengajuan KPR?

Program KPR yang disediakan oleh pihak bank tentu menjadi solusi bagi masyarakat yang ingin membeli rumah dengan cara cicilan. Namun karena harga rumah ini sangat mahal mencapai ratusan juta, sehingga membuat pihak bank harus teliti dalam menyeleksi permohonan KPR dari masyarakat. Ada banyak persyaratan ketat yang perlu dipersiapkan agar pengajuan KPR ini disetujui oleh pihak bank.

 

 

Untuk itu anda perlu mempersiapkan persyaratan untuk pengajuan KPR ini agar permohonan anda disetujui. Beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum mengajukan permohonan KPR adalah sebagai berikut.

 

 

Cari informasi terkait pengajuan KPR

 

Tentu perencanaan KPR ini harus anda pikirkan secara matang dan tidak perlu tergesa-gesa dalam mengambil keputusan. Cari info sebanyak-banyaknya terkait bank yang memberikan pembayaran KPR ini serta beberapa syarat yang ditetapkan. Dengan memiliki pemahaman yang detail tentang proses KPR ini, anda bisa lebih siap dengan persyaratan yang ada. Misalnya anda perlu tahu tentang besar cicilan, bunga yang ditetapkan, syarat pengajuan, dan penalti yang mungkin akan diterima sebagai sanksi. Atau anda juga bisa mempersiapkan diri jika ternyata anda masih harus melunasi tunggakan cicilan kendaraan bermotor atau menghilangkan kartu kredit kesayangan anda.

 

 

Bandingkan antar bank

 

Hampir semua bank di Indonesia memiliki program KPR yang bisa anda ajukan. Lakukan pertimbangan dan perbandingan antara satu bank dengan bank lainnya. Setiap bank memiliki kebijakan tersendiri dan carilah mana pelayanan yang paling cocok dengan kebutuhan dan kemampuan anda. Dengan memiliki beberapa acuan bank, anda bisa memilih opsi jika permohonan KPR anda ditolak di satu bank.

 

 

Datang ke bank

 

Setelah anda mendapatkan informasi yang cukup detail tentang KPR dan sudah memilih beberapa bank incaran anda, maka langkah selanjutnya adalah mendatangi bank tersebut untuk meyakinkan diri anda bahwa bank tersebut adalah bank yang paling tepat. Selain itu bank juga akan memberi keyakinan bahwa anda adalah nasabah yang tepat untuk disetujui permohonannya. Dengan pemahaman KPR yang anda dapatkan, tentu diskusi dan negosiasi di bank tersebut akan jauh lebih matang. Anda tidak hanya mendengar penjelasan, tapi juga ikut menimpali dengan berbagai pertanyaan tambahan.

 

 

Pilih bank yang terbaik

 

Meski tidak semua akan menyetujui permohonan KPR anda, pastikan bahwa nantinya ada satu bank pilihan terbaik yang bisa anda jadikan rujukan terakhir. Layanan terbaik dan juga kebijakan yang diterapkan sesuai dengan kemampuan anda dalam melakukan angsuran. Ingat lagi bahwa anda akan bekerja sama dengan bank tersebut hingga 20 tahun ke depan sehingga kecocokan dalam hal visi misi dan kebijakan adalah keharusan.

 

 

Simulasikan cicilan dan biaya

 

Ada baiknya anda perlu melakukan simulasi cicilan KPR dan menghitung berapa besar angsuran yang mungkin akan anda bayarkan setiap bulan. Selain melakukannya sendiri, anda juga bisa meminta bantuan pihak bank untuk menghitung besaran biaya yang mungkin akan anda keluarkan untuk cicilan tiap bulan, bunga tetap, dan biaya lainnya yang dibebankan kepada anda nantinya. Ini tentu baik untuk mengukur pengeluaran dengan pemasukan anda saat ini.

 

 

Lengkapi dokumen

 

Setiap bank menghendaki persyaratan dokumen untuk pengajuan KPR dan anda harus sudah siap dengan segala dokumen yang diminta tersebut. Dengan dokumen yang lengkap, bisa jadi satu langkah bahwa anda berkomitmen untuk bekerja sama dengan pihak bank. Jika masih ada persyaratan yang belum terpenuhi, sebaiknya anda siapkan terlebih dahulu sebelum pihak bank meminta.

 

 

Itu dia beberapa persyaratan yang harus disiapkan untuk mengajukan KPR. Anda bisa mempersiapkan terlebih dahulu dan jangan terburu-buru. Ingat proses pengajuan KPR ini bisa jadi akan mempengaruhi masa depan anda mulai dari cicilan perbulan selama bertahun-tahun, atau lokasi rumah dan pekerjaan yang mungkin bisa pindah. Perhatikan baik-baik dari sisi personal anda dan keluarga sebelum benar-benar mengajukan KPR.

0/5 (0 Reviews)

Leave a Reply