Apa Perbedaan Antara KPR Subsidi dan Non-Subsidi?

Untuk memiliki sebuah rumah idaman, biasanya masyarakat akan memperolehnya dengan cara KPR. Kredit Perumahan Rakyat ini menggaet bank nasional untuk pembelian properti atau unit konsumtif lainnya. Pada penerapannya, ada 2 jensi KPR yang berlaku di masyarakat yaitu KPR subsidi dan KPR non-subsidi. Tentu sebelum anda mengenalnya lebih jauh, anda perlu mengetahui perbedaan lebih jelasnya tentang 2 jenis KPR ini.

 

 

Pengertian KPR Subsidi

 

KPR subsidi adalah kredit kepemilikan rumah yang ditujukan untuk masyarakat dengan tingkat penghasilan rendah. Pogram ini erat kaitannya dengan program bantuan dari pemerintah dengan melakukan subisidi besaran uang muka dan subsidi terhadap tingkat suku bunga. KPR subsidi ini memang terbilang lebih murah karena sudah mendapatkan uang muka subsidi dari pemerintah dan cicilan yang lebih ringan karena bunga yang telah dipangkas. Program KPR subsidi ini menyasar masyarakat berpneghasilan rendah dan syarat pembelian rumah pertama.

 

 

Pengertian KPR non-subsidi

 

KPR non-subsidi adalah kredit kepemilikan rumah yang diberikan oleh pihak bank langsung kepada masyrakat tanpa adanya campur tangan dari pemerintah. Tentu karena langsung berurusan dengan bank, maka tidak ada syarat untuk masyarakat tertentu seperti yang disyaratkan pada KPR subsidi. Masing-masing bank akan mengeluarkan kebijakan dan peraturan sendiri terkait KPR non-subsidi ini.

 

 

Harga jual KPR subsidi

 

Dengan adanya subsidi uang muka dan cicilan yang rendah karena bunga pertahun telah dipotong, maka tentu saja harga jual KPR subsidi ini akan jadi lebih murah dan terjangkau. Apalagi memang dari awalnya KPRS subsidi ini menyasar masyarakat menengah ke bawah.

 

 

Harga KPR non-subsidi

 

Jika dibandingkan dengan KPR subsidi, sudah tentu KPR non-subsidi ini memiliki harga jual yang lebih tinggi. Tidak ada bantuan dari pemerintah dan pengelolaan langsung oleh bank yang berkaitan membuat harga jual ini tidak bisa diturunkan lagi.

 

 

Fasilitas rumah KPR subsidi

 

Tentu harga yang lebih murah karena subsidi pemerintah juga akan berpengaruh pada fasilitas rumah KPR subsidi. Biasanya rumah yang dibeli dengan KPR subsidi ini memiliki fasilitas yang seadanya dengan kualitas yang juga tidak bisa dianggap lebih bagus. Beberapa fasilitas seperti teras, dapur, dan beberapa hal lainnya harus dibangun secara mandiri oleh pembeli KPR subsidi.

 

 

Fasilitas KPR non-subsidi

 

Rumah yang dibeli dengan KPR non-subsidi biasanya memilik fasilitas yang maksimal. Pengembang akan berusaha memberikan yang terbaik sesuai dengan kemampuan pembeli dan kesepakatan harga dengan pihak bank. Anda bisa mengharapkan fasilitas yang lengkap dan pembangunan yang berkualitas dengan membeli rumah KPR non-subsidi.

 

 

Spesifikasi KPR subsidi

 

Spesifikasi KPR subsidi sudah termasuk layak huni sesuai dengan standar yang diberlakukan oleh pemerintah. Meski fasilitas yang disediakan termasuk minim namun pembeli sudah bisa menempatinya dan nyaman menjalani aktifitas sehari-hari.

 

 

Spesifikasi KPR non-subsidi

 

Pembeli rumah KPR non-subsidi bisa memilih spesifikasi yang diinginkan tergantung harga yang ingin dipesan dengan pihak bank. Ditambah lagi pihak pengembang juga akan memberikan penawaran yang bisa disesuaikan dengan harga rumah yang diinginkan. Semakin mewah fasilitas yang diinginkan, semakin mahal harga rumahnya.

 

 

Jalan perumahan KPR subsidi

 

Fasilitas yang standar tidak hanya dari segi desain bangunan, tapi juga jalan perumahan. Pada perumahah KPR subsidi, biasanya jalan masih berupa tanah yang nantinya penghuni yang akan mengeluarkan biaya sendiri untuk membenahinya menjadi lebih baik.

 

 

Jalan perumahan KPR non subsidi

 

Perumahan KPR non subsidi biasanya sudah dibangun bersamaan dengan jalanan yang cukup baik seperti aspla, paving blok, atau cor sesuai standar pengembang.

 

 

Itu dia perbedaan dasar dan cukup mencolok dari jenis KPR subsidi dan KPR non subsidi yang bisa anda lihat lebih detail. Dengan melihat perbandingan ini anda bisa jadi lebih mengetahui jenis dan perbedaannya.

0/5 (0 Reviews)

Leave a Reply