Serba Serbi Rumah Tipe Menengah Terlaris Tahun Ini

Ada banyak perumahan yang terkadang terkesan mewah dan mencerminkan seperti apa rumah tipe menengah yang seharusnya. Dengan tatanan arsitektur yang Indah, serta kebutuhan ruang yang cukup lega, memuat rumah menengah diminati oleh banyak orang. Tak hanya itu saja, rumah tipe menengah memang memiliki luasan tanah yang cukup lega untuk dijadikan tempat tinggal. Sehingga tidak terkesan sempit dan memiliki berbagai ruang sesuai dengan fungsinya.

 

 

Definisi Rumah Tipe Menengah

 

 

Bagi Anda yang penasaran, tentu ingin tahu seperti apa sebenarnya yang dimaksud dengan rumah tipe ini. Untuk lebih jelasnya, definisi tentang rumah tipe menengah ini sebagai berikut:

 

 

  1. Dari Segi Arsitektural

 

Jika dilihat melalui sisi arsitektural, rumah tipe menengah ini adalah rumah yang umumnya terdiri dari dua lantai dimana menggunakan tangga sebagai penghubung antara ruangan di atas dan di bawah. Oleh sebab itu tak heran jika rumah tipe ini memiliki luasan yang cukup, mulai dari 90m2 hingga mencapai 300m2.

 

 

  1. Dari Segi Jumlah Ruangan

 

Selanjutnya dari segi jumlah ruangan yang ada pada rumah tipe ini, biasanya ada beberapa ruangan yang dapat dibangun pada rumah tipe 90-300 ini. Di antaranya yaitu ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dapur, ruang tidur dan kamar mandi. Dengan luas tanah yang cukup memadai, tak heran jika tak perlu menggunakan satu ruangan untuk dua fungsi sekaligus. Tiap ruangan akan dapat digunakan untuk setiap fungsi yang diperlukan. Selain itu biasanya rumah tipe ini memiliki jumlah kamar maupun kamar mandi lebih dari dua dan dilengkapi dengan balkon.

 

 

  1. Dari Segi Struktural

 

Jika dilihat dari segi struktural, maka rumah tipe menengah dibanding dengan rangka dua arah non-prestressed. Selain itu diperlukan pondasi struktur yang kuat untuk menopang sejumlah dua lantai bangunan. Tentunya berbeda jika hanya memiliki satu lantai bangunan.

 

 

  1. Peraturan Bangunan

 

Apabila ditinjau dari sisi peraturan, maka rumah tipe menangah harus dikategorikan di dalam rumah kode WSD atau wisma sedang.

 

 

Masalah Pada Rumah Tipe Menengah

 

 

Tidak selamanya memiliki rumah yang lega seperti tipe menengah ini terasa menyenangkan. Tentu selalu ada beberapa masalah yang dapat terjadi. Di antaranya yaitu sebagai berikut:

 

 

  • Harga rumah menengah tidak murah, bahkan harganya cenderung meningkat dan cukup tinggi. Hal ini dipicu juga oleh karena harga tanah yang mahal. Sehingga tidak semua orang mampu memiliki tipe rumah tersebut.
  • Perawatannya akan membutuhkan usaha dan biaya yang lebih besar. Karena jumlah ruangan dan luasan bangunan yang cenderung lebih besar, maka tentunya akan butuh biaya perawatan yang lebih tinggi juga.
  • Nilai pajak rumah tipe menengah juga tentunya akan lebih tinggi. Selain itu kebutuhan energy listrik juga lebih besar. Hal ini memicu besarnya biaya yang harus dikeluarkan tiap tahunnya oleh pemilik rumah tipe menengah. Tidak seperti rumah sederhana atau rumah kecil yang bisa mendapatkan subsidi dari pemerintah.

 

 

Itulah sekilas informasi tentang seperti apa rumah tipe menengah, terutama yang banyak dibangun di sekitar kita. Tentunya memang terlihat menarik jika mampu memiliki rumah tipe tersebut. Apalagi jika memiliki keluarga besar yang membutuhkan banyak ruangan. Maka memiliki rumah tipe menengah bisa jadi solusi yang terbaik untuk didapatkan. Oleh karena itu sebaiknya lakukan banyak pertimbangan dahulu sebelum memutuskan untuk memiliki rumah ini. Karena tentu bukan hanya terlihat lega dan menyenangkan, tetapi juga ada beberapa kesulitan yang perlu diperhitungkan. Jika Anda sedang mencari rumah tipe ini, sebaiknya bersikap bijaksana ya!

0/5 (0 Reviews)

Leave a Reply