Sekilas Pengertian Hotel Dan Hostel Yang Mudah Dipahami

Pengertian hotel dan hostel sebenarnya berbeda. Pada dasarnya baik hotel maupun hostel sama-sama merupakan sebuah bangunan yang menawarkan sebuah tempat untuk singgah atau menginap. Jadi jika Anda suka bepergian ke luar kota sampai berhari-hari maka tak ada salahnya bila bermalam di hotel ataupun hostel. Sebab hotel dan hostel sama-sama berfungsi sebagai tempat menginap. Walaupun hotel dan hostel memiliki kesamaan fungsi namun sebenarnya kedua tempat penginapan ini memiliki karakter yang  berbeda. Menurut penjelasan https://www.pelancongirit.com baik hotel maupun hostel tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Informasi ini tentu akan sangat berguna bagi para penggemar travelling dan bagi banyak orang yang harus melakukan perjalanan bisnis hingga ke luar kota.

 

 

Hotel pada dasarnya memiliki berbagai fasilitas seperti misalnya wifi, ruangan kamar yang memiliki AC, kolam renang, kamar mandi, dan lain sebagainya. Hotel menawarkan suatu tempat singgah atau inap yang akan membuat tamunya merasa nyaman dengan prioritas privasi yang diberikannya. Oleh karena itu tarif hotel tentu lebih mahal daripada hostel sebab hotel memiliki fasilitas mewah yang tak bisa didapatkan jika bermalam di hostel. Bahkan hotel memiliki kelas yang berbeda mulai dari bintang 2 sampai dengan bintang 5. Semakin tinggi bintangnya maka semakin tinggi pula tarifnya. Adapun kamar hotel paling banyak hanya disediakan untuk 2 orang saja kecuali jika penginap ingin menambah extra bed. Hal ini membuat hotel menjadi pilihan karena privasi tamu tentu lebih terjaga. Ditambah lagi keamanan serta kebersihan hotel lebih terjaga. Suasana di hotel juga lebih tenang sebab setiap tamu berada di dalam kamar yang berbeda dengan tamu lainnya sehingga tidak dapat berinteraksi dengan tamu lainnya.

 

 

Lain halnya dengan hostel. Tamu yang akan menginap di hostel akan menjumpai banyaknya tumpukan kasur di dalam ruangan yang sama. Kamar hostel lebih tepatnya menyerupai kamar asrama. Umumnya satu kamar hostel dapat dihuni oleh 6 sampai dengan 14 orang. Kondisi ini menyebabkan tamu hampir tidak mempunyai privasi. Keamanan pun harus selalu diperhatikan oleh tamu sebab kamar yang dijadikan sebagai tempat penginapan dihuni bersama-sama dengan orang lain. Kebersihan juga perlu dijaga bersama-sama dengan teman sekamar. Selain itu kamar mandi yang terdapat di hostel terletak di luar sehingga dapat digunakan secara umum dan secara bergantian. Dengan keadaan yang seperti ini tentu saja tarif menginap di hostel jauh lebih murah daripada di hotel. Hostel umumnya tidak memiliki fasilitas yang lengkap dan mewah layaknya hotel. Fasilitas yang disediakan di hostel bergantung pada keinginan pengelolanya sendiri sebab hostel tidak memiliki peringkat kelas.

 

 

Hotel memang lebih cocok dijadikan tempat penginapan bagi Anda yang sedang melakukan perjalanan bisnis dalam waktu singkat serta memiliki budget yang cukup. Hotel juga bisa dijadikan sebagai tempat penginapan bagi keluarga yang ingin memiliki privasi secara lebih. Sedangkan hostel bisa menjadi pilihan bagi sekumpulan orang yang sedang melakukan perjalanan rekreasi bersama-sama dengan budget yang terbatas. Hostel juga bisa dijadikan sebagai tempat penginapan misalnya bagi backpacker yang melakukan perjalanan seorang diri dan ingin menggunakan uangnya secara irit.

 

 

Pengertian hotel dan hostel tersebut di atas tentunya perlu dipahami terutama bagi Anda yang akan melakukan perjalanan. Dengan demikian maka saat bepergian tak perlu ragu lagi dalam memilih dimana Anda akan menginap apakah di hotel ataukah di hostel.

0/5 (0 Reviews)

Leave a Reply