Perkiraan Harga untuk Jasa Mekanikal dan Elektrikal

Membangun sebuah rumah tentu membutuhkan banyak perhatian dari berbagai sisi. Di awal, Anda pasti akan mencari lahan yang tepat untuk membangun hunian yang nyaman, sehat, dan memiliki peradaban sosial untuk kemudahan tinggal di rumah tersebut. Setelah itu Anda perlu memperhatikan desain arsitektur bangunan sesuai dengan tipe rumah yang Anda inginkan dan penyesuaiannya dengan lahan yang ada.

 

 

Saat mendesain arsitektur bangunan ini ada banyak hal yang mesti Anda pikirkan sehingga jasa arsitek sangat diperlukan agar nantinya tahapan membangun rumah bisa sesuai dengan prosedur dan berjalan dengan baik. Anda akan membangun rumah yang akan bertahan puluhan tahun bahkan ratusan tahun sehingga perlu keakuratan yang tinggi dan perencanaan yang matang di awal. Di dalam desain arsitektur juga terdapat berbagai aspek pendukung lainnya seperti desain eksterior, desain interior, bentuk dan bahan atap, lantai, ruangan hunian, hingga masalah mekanikal dan elektrikal.

 

 

Saat ini sebuah bangunan tidak akan berfungsi jika tidak ada energi listrik dan peralatan penunjang lain di dalamnya. Jadi bisa dibilang pembangunan suatu rumah harus melibatkan pekerjaan mekanikal elektrikal dan plumbing untuk membuat bangunan memiliki sistem elektrikal yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan pemiliknya. Lalu bagaimana berurusan dengan jasa mekanikal elektrikal ini?

 

 

Sebenarnya pekerjaan mekanikal dan elektrikal ini perlu diketahui sebagai langkah dasar Anda memahami bangunan yang akan Anda buat. Pekerjaan mekanikal merupakan pekerjaan yang berhubungan dengan peralatan besar seperti lift dan escalator pada bangunan berskala besar seperti gedung perkantoran atau mall. Mekanikal ini termasuk pemasangan instalasi AC, pompa air, dan instalasi penunjang lainnya.

 

 

Sedangkan pekerjaan elektrikal adalah pekerjaan yang berhubungan dengan sistem kelistrikan pada bangunan tersebut. Sistem kelistrikan ini meliputi panel TM dan transformer, kabel daya tegangan menengah, panel listrik, panle distribusi box, kabel daya listrik, tegangan rendah, lampu penerangan, saklar, stop kontak, key tag, kabel instalasi penerangan, serta sistem penangkal petir. Lalu hal lain yang juga berhubungan dengan kedua hal ini adalah plumbing, yaitu pekerjaan yang meliputi pemasangan instalasi air bersih dan pembuangan air kotor.

 

 

Lalu bagaimana Anda bisa mendapatkan jasa pengerjaan mekanikal elektrik dan plumbing ini saat akan membangun rumah? Tentu biasanya pengerjaan tentang mekanikal elektrikal dan plumbing ini sudah direncanakan dari awal saat membuat perencanaan desain rumah anda yang dilakukan oleh arsitek ataupun desain yang sudah anda dapatkan dari internet atau jasa konsultan bangunan. Anda bisa langsung memperkirakan segala aspek peletakan dan jalur kelistrikan yang mungkin akan diterapkan pada rumah Anda. Misalnya Anda sudah menyiapkan stop kontak untuk AC di dinding kamar, stop kontak untuk mesin cuci di bagian dapur, dan lainnya. Nantinya eksekusi saat pembangunan semakin mudah dan tidak ada kesalahan dalam pemasangan. Untuk menggunakan jasa mekanikal elektrikal ini, biasanya termasuk dalam paket pembangunan yang dilakukan oleh kontraktor yang anda tunjuk. Tapi jika anda membangun rumah tanpa bantuan kontraktor, berarti anda perlu mengundang jasa mekanikal dan elektrikal ini secara pribadi untuk menyelesaikan proses instalasi.

 

 

Biaya yang anda butuhkan untuk memanggil jasa mekanikal dan elektrikal ini tentu berbeda-beda tergantung pekerja dan tingkat kesulitan bangunan yang ingin anda dirikan. Biasanya pekerja yang sudah berpengalaman akan mematok harga lebih mahal ketimbang pekerja yang belum terlalu mahir dan ini adalah pilihan anda dan sesuaikan dengan biaya yang disiapkan. Biasanya jasa pemasangan mekanikal dan elektrikal ditentukan oleh besarnya kabel yang diinstal di rumah anda. Misalnya untuk kabel mulai dari ukuran 3×10 mm2 hingga 4×35 mm2 dikenakan biaya antara Rp 90.000 hingga Rp257.000. pemasagan lampu 1 set mulai dari harga Rp 78.000. ingat harga ini tidak pasti dan disesuaikan dengan jasa mekanikal dan elektrikal yang anda tunjuk.

0/5 (0 Reviews)

Leave a Reply