Perkiraan Harga Jasa Desain Eksterior

Banyak aspek yang perlu dipersiapkan sebelum Anda memulai merencanakan membangun rumah idaman Anda. Memang proses awal setelah Anda menyiapkan lahan adalah perencanaan desain rumah Anda mulai dari denah hingga konsep eksterior dan interiornya. Sebelum menyentuh desain interior, Anda akan terlebih dahulu berkonsultasi tentang tipe rumah, lalu desain dari luar atau yang dikenal dengan desain eksteriornya.

 

 

Jika desain interior berkaitan erat dengan penataan ruangan, maka desain eksterior lebih menekankan tentang estetika rumah atau bangunan dari tampilan luarnya. Sosok rumah dari luar ini bisa berbeda-beda tergantung keinginan pemiliknya dan anda memiliki kuasa penuh untuk mengkonsep bagaimana rumah Anda akan terlihat nantinya. Secara umum Anda akan memikirkan hal-hal sederhana seperti rancangan taman, pagar, pintu, jendela, cat, dan bentuk atap sesuai dengan estetika dan struktur bangunan yang baik dan benar.

 

 

Jika Anda tidak memiliki latar belakang pemahaman tentang bangunan, tentu akan sangat disayangkan jika anda mengkonsep rumah sendirian. Bantuan dari jasa arsitektur tentunya dibutuhkan untuk mendapatkan rumah yang ideal. Rumah yang dihuni berpuluh tahun tentunya tidak akan mungkin diubah secepat kilat karena anda akan membuang biaya, tenaga, dan juga waktu anda. Untuk itu, utamakan untuk berkonsultasi dengan para arsitektur dan desainer tentang rencana rumah anda yang sesuai.

 

 

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam merancang eksterior rumah anda agar menjadi hunian dan bangunan yang indah dan fungsional, yaitu:

 

 

  1. Taman dan tanaman yang ada di sekitar rumah dibuat sedemikian rupa agar terlihat asri namun juga tidak terkesan terlalu redup sehingga menghilangkan nuansa rumah yang segar.
  2. Memperhatikan kesesuaian warna cat dengan konsep desain keseluruhan. Warna ini bisa menyesuaikan dengan konsep rumah seperti klasik, modern minimalis, atau konvensional.
  3. Warna pintu dan jendela serta ornamen yang terdapat pada sisinya harus sesuai dengan bentuk rumah secara keseluruhan.
  4. Perencanaan bangunan lain seperti gazebo, kolam renang, kolam ikan,atau carport.
  5. Pagar pengaman di depan rumah disesuaikan dengan bahan utama dan warna cat
  6. Desain ubin dan teras tampak depan agar terlihat selaras dengan bentuk bangunan secara keseluruhan.
  7. Atap rumah yang memiliki desain fungsional tapi juga nilai estetis yang tepat.
  8. Perencanaan ventilasi udara harus memenuhi standar kesehatan dan lingkungan.

 

 

Itu dia beberapa hal yang harus Anda masukkan dalam perencanaan desain eksterior rumah saat anda hendak berkonsultasi pada jasa desain rumah. Bagian eksterior ini belum termasuk bagian interior seperti area setiap ruangan, tangga, ubin, penempatan saklar dan lampu, penataan ruangan, atau warna cat dan tekstur dinding bagian dalam. Anda hanya perlu mempersiapkan desain eksterior rumah yang berkaitan dengan tampilan luar bangunan saja sesuai dengan konsep rumah secara keseluruhan dan area lahan yang anda miliki. Misalnya lahan yang anda siapkan berbatasan dengan tembok tetangga yang mengharuskan anda mengganti arah jendela tau pagar anda.

 

 

Nantinya para penyedia jasa desain rumah akan memberikan paket untuk semua kebutuhan Anda saat merencanakan sebuah bangunan rumah. Namun tidak menutup kemungkinan, pesanan untuk desain eksterior saja diperlukan sebagai tahap awal perencanaan secara keseluruhan untuk mengestimasi biaya yang diperlukan.

 

 

Untuk harga, para penyedia jasa desain eksterior biasanya mematok harga desain 3D eksterior bangunan dengan harga Rp 600.000/view. Jadi Anda bisa meminta para desainer untuk membuatkan gambar dari berbagai sudut untuk memberikan gambaran jelas tentang konsep rumah anda sebelum benar-benar dieksekusi. Sedangkan untuk draft 2 dimensi gambar kerja utama dihargai sebesar Rp 100.000/lembar. Dengan mengetahui kisaran harga desain eksterior sebuah rumah ini, anda bisa menyiapkan anggaran dan juga rancangan rumah seperti yang anda inginkan terlebih dahulu sebelum maju ke tahap berikutnya.

0/5 (0 Reviews)

Leave a Reply