Pengertian Lengkap Design Development

Tahapan design development adalah tahapan setelah desain skematik dilakukan. Design development dapat dilakukan jika hanya desain skematik diperiksa dan mendapat persetujuan dari klien. Pada tahap ini, desain skematik menjadi desain akhir keseluruhan dan desain ini menggambarkan detil rancangan bangunan pada proyek. Untuk mengetahui apa saja yang dilakukan dalam tahapan ini, maka artikel ini akan membahas pengertian lengkap design development seperti berikut.

 

 

  1. Merancang Sistem Konstruksi dan Struktur Bangunan

 

Arsitek pada tahapan design development dapat merancang sistem konstruksi dan struktur bangunan. Sistem konstruksi berikut mengikuti rancangan desain keseluruhan yang telah dibuat pada desain skematik. Selain itu, konstruksi dan struktur bangunan yang dibuat juga mempertimbangkan kelayakan dan kelaikannya baik terpisah maupun secara terpadu.

 

 

Design development dikembangkan untuk membuat rencana ukuran dan dimensi yang sebenarnya. Dimensi garis dibuat untuk menunjukkan penempatan dinding dan elemen lainnya. Design development juga mengukur ukuran furniture dan barang lainnya yang dicantumkan di dalam desain.

 

 

Setelah itu, arsitek dapat mendesain keperluan eksterior di dalam bangunan. Dalam hal ini, banyak arsitek yang menggunakan program computer drawing program (CAD) untuk membuat desain.

 

 

  1. Merancang Sistem Mekanikal-Elektrikal-Plumbing (MEP)

 

Selanjutnya, arsitek dapat membuat rancangan MEP atau dikenal sebagai Sistem Mekanikal-Elektrikal-Plumbing. Rancangan berikut menyangkut segala hal yang berkaitan dengan mesin-mesin, aliran listrik, serta pipa air bersih dan kotor. Pada tahapan ini, rancangan harus dipertimbangkan dengan baik karena pada sistem inilah yang membuat suatu bangunan berfungsi dengan baik.

 

 

  1. Merencanakan Konstruksi Bahan Bangunan

 

Arsitek juga bertanggung jawab dalam merencanakan bahan bangunan seperti apa untuk digunakan dalam keseluruhan bangunan. Tentunya seorang arsitek harus mempertimbangkan nilai manfaat, ketersediaan bahan, konstruksi, dan nilai ekonomi.

 

 

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat struktur bangunan dapat dirancang dalam tahapan design development. Pada tahap ini juga dirancang dekorasi dinding, lantai, dan penggunaan material lainnya seperti kayu pada rancang bangunan.

 

 

  1. Merencanakan Biaya Konstruksi

 

Setelah itu, rancangan desain juga akan dibuat biaya konstruksinya. Pada tahapan ini, biaya konstruksi disusun berdasarkan sistem bangunan, semuanya disajikan dalam bentuk gambar-gambar, diagram-diagram sistem, dan laporan tertulis. Klien atau home owner dapat berdiskusi mengenai permasalahan biaya yang ada. Klien juga dapat mengemukakan pendapat dan masukan mengenai spesifikasi material dan detil-detil arsitektural maupun struktural yang diinginkan. Atau dengan kata lain, klien dapat meminta penyesuaian biaya yang telah dibuat.

 

 

Pada tahap akhir design development, maka akan dihasilkan gambar site plan, denah, tampak, potongan, dan perspektif. Jika klien telah menyetujui semua proses pada tahapan ini, maka akan dilanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu DED atau gambaran kerja.

 

 

Tahapan pengembangan desain atau design development adalah tahapan yang menantang, memakan waktu yang panjang, dan membutuhkan biaya besar. Desain yang baik tidak hanya dirancang secara visual, namun juga merupakan hasil dari penelitian yang terus menerus dan berkesinambungan, analisa, studi perancangan, engineering, prototyping, modifikasi, percobaan lagi dari masa ke masa hingga desain yang dihasilkan benar-benar sempurna.

 

 

Simpulannya, tahapan desain skematis dan design development adalah tahapan dimana arsitek dan klien sebagai home owner berinteraksi untuk menentukan rancangan final desain. Setelah menentukan desain dan struktur bangunan yang tepat, barulah perhitungan budget apakah sesuai dengan anggaran dana dan ketentuan lainnya atau tidak. Oleh karena itu, pada tahapan ini bisa dikatakan arsitek dan klien harus benar-benar jeli dalam menentukan rancangan sehingga anggaran dana dapat digunakan dengan cara terbaik.

0/5 (0 Reviews)

Leave a Reply