Mengenal Organisasi Ikatan Arsitek Indonesia (IAI)

Kini keberadaan arsitek di Indonesia sudah semakin banyak saja. Karena banyak orang yang lebih memilih untuk menempuh pendidikan lanjutan atau pendidikan di perguruan tinggi dengan mengambil jurusan arsitektur. Hal ini di karenakan profesi arsitek terlihat lebih menjanjikan dalam kemudahan mencari uang bahkan seorang mahasiswa jurusan arsitek yang belum lulus atau belum mendapatkan predikat sarjananya sudah bisa memperoleh uang dengan cara mengambil job arsitek yang ringan sesuai dengan kemampuan.

 

 

Untuk Anda yang ingin menggunakan jasa arsitek tetapi bingung tentang kualitas dari drafter yang Anda gunakan, ada baiknya Anda tanyakan dahulu apakah drafter tersebut tergabung dengan IAI. Karena jika drafter tersebut terdaftar dalam IAI maka kualitasnya tidak di ragukan lagi.

 

 

Hal Seputar IAI (Ikatan Arsitek Indonesia)

 

 

Organisasi IAI atau kepanjangan dari Ikatan Arsitek Indonesia merupakan sebuah organisasi yang menampung para arsitek di Indonesia yang memiliki kemampuan kerja dengan kualitas yang tidak dapat di ragukan. Karena bagi seorang arsitek yang ingin bergabung dengan IAI haruslah menjalani beberapa seleksi yang membuktikan bahwa kualitas dari arsitektur tersebut memang benar-benar bagus. IAI sendiri di bangun pada tanggan 17 September 1959 oleh Liem Bwan Tjie, Frederich Silaban, Mohammad Soesilo, dan 18 orang arsitek muda yang merupakan lulusan univeristas ITB pertama kali tahun 1958 di Bandung. Untuk kantornya kini IAI memiliki kantor di Jakarta tepatnya di Jakarta Design Center Lt 7 Jl. Gatot Subroto Kav.53 Slipi, Jakarta.

 

 

Selain di penuhi dengan anggota yang sudah terbukti memiliki kemampuan yang sangat profesional dengan hasil karya menakjubkan, IAI sendiri juga sudah menapakan jejaknya dalam bidang Internasional. Hal ini terbukti dengan IAI menjadi anggota dari beberapa organisasi internasional seperti:

 

 

  1. Forum Asosiasi Profesi Jasa Kontruksi
  2. Lembaga Pengembangan Jasa Kontruksi
  3. ASEAN Association Planning and Housing (AAPH)
  4. Architects Regional Council Asia (ARCASIA)
  5. The International Union of Architects

 

 

Dengan menjadi anggota dari beberapa organisasi di atas membuktikan bahwa keberadaan IAI memang sangat penting dalam bidang arsitek. Dan seorang arsitek yang tergabung di dalamnya kualitas dari arsitek tersebut sudah tidak bisa di ragukan lagi.

 

 

Tujuan Di Didirikan IAI

 

 

Organisasi IAI (Ikatan Arsitek Indonesia) di bangun dengan tujuan agar dapat mengembangkan pengetahuan dan kemampuan arsitek seiring dengan berkembangnya teknologi yang semakin canggih. Selain itu tujuan IAI agar para arsitek mampu mengabdikan ilmunya bagi Indonesia dan mampu bersaing dengan arsitektur lainnya hingga kancah Internasional.

 

 

Tanggung Jawab Dari Seorang Anggota IAI

 

 

Bagi seorang arsitek yang sudah resmi menjadi anggota IAI (Ikatan Arsitek Indonesia) maka memiliki tanggung jawab untuk mengabdikan keahliannya dalam bidang arsitek untuk masyarakat yang menggunakan jasa arsitek dengan cara profesional serta menciptakan lingkungan binaan yang memiliki proses berkelanjutan.

 

 

Dari fakta ini bisa di simpulkan bahwa seorang arsitek yang tergabung ke dalam IAI (Ikatan Arsitek Indonesia) sudah pasti memiliki keahlian dalam bidang arsitektur yang tidak dapat di pandang remeh. Namun bukan berarti seorang arsitek yang tidak tergabung dalam organisasi IAI berarti memiliki kemampuan yang tidak mumpuni itu belum tentu juga. Tetapi untuk Anda yang ingin menggunakan jasa seorang arsitek ada baiknya Anda menggunakan jasa seorang arsitek yang sudah menjadi anggota organisasi IAI karena sudah terbukti akan kualitas ke profesional hasil kerjanya di bandingkan dengan arsitek yang belum tergabung dalam IAI (Ikatan Arsitek Indonesia).

0/5 (0 Reviews)

Leave a Reply