Konsep Desain

Berbicara mengenai desain, arsitek merupakan seseorang yang bertanggung jawab dalam merancangnya. Desain tidak hanya harus indah secara visual, namun yang terpenting adalah jika desain itu dapat memenuhi kebutuhan fungsionalitas. Desain tersebut dapat dikatakan konsep desain yang baik jika memecahkan dan menemukan solusi dari suatu permasalahan. Lalu, apakah sebenarnya konsep desain itu? Artikel berikut akan membahas lebih rinci mengenai konsep desain.

 

 

Konsep desain dapat diketahui sebagai ide di balik terancangnya sebuah desain. Konsep ini merupakan sebuah logika, pemikiran, serta penalaran untuk bagaimana Anda akan mendesain. Jika Anda telah memiliki konsep desain, maka konsep tersebut akan mengantarkan Anda untuk menentukan pilihan-pilihan dalam bentuk, warna, dan jenis. Dalam hal ini, konsep desain yang Anda buat dapat menjadi kerangka dalam keputusan desain selanjutnya.

 

 

Lalu, siapakah yang memutuskan konsep desain?

 

Anda dan arsitek dapat berdiskusi mengenai masalah ini. Pilihannya tergantung pada keputusan Anda. Namun, disatu sisi Anda dapat menentukan konsep desain milik Anda dan nantinya arsitek akan merealisasikannya. Lain hal jika Anda dan arsitek bersama-sama merancang konsep desain yang diinginkan sesuai kebutuhan. Semuanya bergantung terhadap keinginan dan kebutuhan rancangan bangunan nantinya.

 

 

Pembuatan konsep desain dapat dikatakan sebagai tahapan penting dan rumit. Ini dikarenakan konsep desain dapat menjadi panduan pada keputusan desain nantinya. Oleh karena itu, arsitek mungkin dapat menarik biaya yang lebih besar dalam tahapan ini.

 

 

Bagaimana cara menentukan konsep desain yang baik?

 

Pertanyaan berikut sering muncul di benak Anda sebagai pemilik bangunan. Maka, konsep desain yang baik adalah sesuatu yang dapat memecahkan permasalahan desain. Konsep desain yang dapat menjawab kebutuhan Anda sebagai pemilik bangunan. Misalnya, Anda mempunyai keinginan untuk memiliki ruang keluarga yang tidak begitu besar namun cukup untuk dijadikan tempat bercengkerama keluarga, maka Anda dapat mewujudkannya kedalam konsep desain.

 

 

Tentunya, konsep desain ini dapat dibahas dengan arsitek, sehingga Anda dapat mewujudkannya dengan baik. Anda juga dapat bertukar konsep dengan arsitek demi sebuah perwujudan desain yang lebih baik. Satu hal yang paling penting dalam merancang konsep desain adalah dengan mendefinisikan masalah Anda terlebih dahulu. Setelah itu, konsep desain yang baik akan dapat menjawab dan memberikan solusi terhadap desain tersebut.

 

Bagaimana cara mengembangkan konsep desain?

 

Setelah Anda mengetahui permasalahan desain, maka Anda dapat memulai dan menemukan ide yang tepat untuk desain. Anda dapat mendiskusikannya dengan arsitek untuk menemukan konsep desain yang tepat. Dalam hal ini, pengembangan konsep desain dapat meliputi warna, nuansa, bentuk, dan jenis desain yang akan dirancang. Selain itu, konsep desain yang baik juga memerhatikan lingkungan bangunan sekitar sehingga menyatu dengan alam dan seimbang.

 

 

Tugas seorang arsitek juga dapat dilihat dalam merancang konsep desain. Mereka dapat membuat ide dan konsep desain setelah melakukan pra konsep dan riset arsitektural sebelumnya. Sehingga, konsep desain yang dibuat memenuhi kebutuhan dan keinginan pemilik bangunan.

 

Apa saja tahapan mengembangkan konsep desain?

 

  • Menentukan Konsep Bahan

 

Anda dapat menentukan konsep bahan sepeti bahan apa yang digunakan pada interior bangunan. Apakah didominasi oleh bahan kayu atau bebatuan asli? Atau Anda ingin menggunakan bahan lainnya yang membutuhkan dana lebih kecil?

 

 

  • Menentukan Konsep Struktur Bangunan

 

Selanjutnya, Anda dapat menentukan strutur bangunan yang dinginkan. Misalnya, Anda mau bangunan nantinya memiliki tiga lantai dengan balkon di lantai kedua dan ketiga dan teras luas di lantai pertama.

 

  • Menentukan Konsep Interior

 

Konsep interior dapat menentukan keindahan dari keseluruhan bangunan. Anda dapat mendiskusikannya dengan arsitek untuk mendapatkan rancangan peletakan interior yang tepat dan indah.

 

 

Apa saja macam-macam konsep desain yang dapat dipilih?

 

  • Desain Modern
  • Desain Kontemporer
  • Desain Tradisional
  • Desain Urban
  • Desain Klasik

 

 

Simpulannya adalah konsep desain dapat dibuat untuk menerjemahkan ide-ide yang abstrak menjadi rancangan bangunan yang bisa terwujud. Dalam hal ini, konsep desain dapat menjadi rencana dan tujuan yang memenuhi keinginan dan kebutuhan pemilik bangunan.

0/5 (0 Reviews)

Leave a Reply