Inspirasi dan Ide Desain Mid Century Modern

Jika anda sedang mempertimbangkan konsep dan ide desain yang dapat membuat rumah tampak dengan desain yang sederhana namun tetap terlihat nyaman dan luas, mungkin anda bisa melihat inspirasi dan ide-ide desain rumah yang ada dibawah ini. Konsep rumah dengan gaya Mid Century Modern memiliki karakteristik yang indah dan effortless. Desain mid century modern membaurkan batasan antara outdoor dan indoor, bersih, airy, simple dengan adanya garis-garis lurus serta warna yang berpalet simple.

 

 

Desain mid-century modern adalah ide arsitektur yang diciptakan dari orang-orang yang memiliki kepercayaan jika gaya desain akan terlihat maju dan ke masa depan dapat dijadikan sebagai sarana munculnya sebuah perubahan sosial. Gaya rumah sederhana yang dibangun pada rentang tahun 1945-1980 ini dilengkapi dengan fitur-fitur sederhana yang terintegrasi dengan alam.

 

 

Arsitektur mid-century modern mempunyai karakteristik khas seperti rincian sudut, atap datar, serta  tampilan yang asimetris. Penggunaan kaca yang berukuran lebar serta ruangan terbuka yang lebar pula menjadi salah satu keunggulan dari hunian mid-century modern ini. Desain mid-century modern lebih memungkinkan membawa suasana luar bangunan agar dapat terintegrasi ke dalam rumah.

 

 

Elemen-elemen Penting Dalam Desain Mid Century Modern

 

Bagi anda yang menginginkan untuk mendesain rumah dengan gaya mid century modern, ada beberapa elemen penting di dalam desain mid century modern yang perlu anda masukkan ke dalam desain rumah anda.

 

 

  • Bidang datar, garis geometris rumah yang memiliki tampilan teratur dengan atap berbentuk datar menjadi karakteristik utama yang paling tampak pada rumah dengan desain mid century modern.
  • Pintu geser kaca serta mertai kaca lainnya yang dapat memungkinkan cahaya matahari dapat masuk ke dalam rumah.
  • Konsep yang menyatu dengan alam, ruangan di dalam rumah bisa memiliki pemandangan ke luar rumah serta memiliki akses untuk membuat hidup penghuni rumah menjadi lebih sehat.
  • Palettes of the day, pemilihan warna-warna yang menjadi sentral merupakan warna yang natural dan hangat seperti warna kayu. warna-warna lainnya yang diterapkan seperti mustard, kuning, hijau olive, kuning, biru kehijauan,abu-abu, pink dan hitam dapat anda jadikan pilihan.
  • Jenis lampu yang digunakan kebanyakan memiliki bentuk unik dengan nilai seni yang tinggi. jenis lampu seperti lampu bubble, chandelier, dan lampu lantai arco menjadi jenis lampu yang sering digunakan pada gaya mid century modern.
  • Pola-pola grafis yang kuat, berani dengan motif unik memberikan kesan grafis yang cukup kuat dalam sebuah ruangan.
  • Desain dapur pada rumah mid century modern lebih ramping dengan banyaknya peralatan yang mencolok dan mengkilap.

 

 

 

Tips Mendesain Rumah Mid Century Modern

 

 

1. Perhatikan Pemilihan Desain

 

Furniture dengan gaya mid century modern memiliki bentuk yang simple, dengan garis aksen halus dan curvy. Desainnya yang minimalis bisa didapatkan dari penggunaan material kayu yang mana menjadi ciri khas dari furniture mide century modern. Hindari kesan yang terlalu formal. Anda bisa mengkombinasikan berbagai furniture untuk menciptakan sesuatu hal yang bervariasi

 

 

2. Seleksi Warna

 

Pemilihan warna-warna yang netral, gelap serta terkesan kaku menjadi ciri khas dari gaya rumah seperti ini. Sehingga ruangan di dalam rumah harus didominasi 60% dengan warna-warna tersebut. Anda dapat menambahkan aksen di tengah dengan menempatkan garis merah agar menambah mood pada ruangan. Jangan lupa untuk menempatkan furniture-furniture dengan pilihan warna pastel agar menambah variasi warna.

 

 

3. Pemilihan Lampu

 

Lampu yang tinggi dan meja bergaya mid-century memiliki ciri khas yang lurus dan mengikuti bentuk benda. Bentuknya yang kontras satu sama lainnya dapat menarik perhatian. Yang paling terpenting adalah jangan takut untuk berkreasi dengan warna atau material yang digunakan dalam sebuah ruangan.

 

 

4. Karpet dan Dekor Tidak Kalah Penting

 

Karpet menjadi salah satu elemen yang cukup krusial saat anda ingin mendesain ruangan dengan gaya mid-century. Pilih furniture dengan pilihan warna-warna yang solid, atau anda bisa menggunakan pola-pola vintage yang cukup populer diera 50an. Desain karpet yang didominasi dengan pola-pola abstrak serta bentuk yang asimetris dapat anda jadikan pilihan. Namun tetap sesuaikan dengan ide dan kreasi yang anda inginkan.

 

 

Nah itu tadi inspirasi dan ide rumah mid century modern serta tips bagaimana untuk mendesain rumah dengan gaya mid-century modern. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

0/5 (0 Reviews)

Leave a Reply