Ide Desain Rumah Tropis

Sesuai dengan namanya, desain rumah tropis seringkali didirikan sebagai hunian di daerah-daerah dengan iklim tropis, yang memiliki suhu hangat antara 20-24oC, termasuk di Indonesia sendiri. Meskipun begitu, tentunya tak semua rumah yang ada di daerah tropis didesain dengan gaya rumah tropis. Salah satu ciri khas dari gaya rumah tropis adalah rumah yang didesain di atas-atas tiang kayu dengan membentuk semacam kolong yang ada di bawah rumah. desain rumah seperti ini biasanya dibuat di daerah-daerah yang dekat dengan pantai ataupun sungai untuk mengantisipasi saat terjadi pasang naik.

 

 

Hingga kini, rumah yang didesain dengan gaya tropis memang menjadi trend tersendiri yang banyak diaplikasikan di Indonesia. Namun masih banyak orang yang salah dengan menyebut desain rumah tropis dengan desain rumah modern. Jika anda memang menginginkan untuk menerapkan desain tropis pada rumah anda, mungkin cara-cara di bawah ini bisa anda lakukan.

 

 

Hingga kini, rumah dengan desain tropis masih menjadi tren yang layak diaplikasikan di Indonesia. Ada sedikit salah kaprah yang menyebut bila desain tropis sama dengan rumah berdesain modern dan minimalis. Namun, sebetulnya ada lima hal yang patut diperhatikan bila Anda ingin membuat rumah dengan desain tropis yang tepat.

 

 

1. Perhatikan volume atap rumah

 

Rumah dengan desain tropis memiliki bentuk volume atap rumah dengan ukuran yang cukup luas. Seiring dengan trend yang sedang berkembang saat ini, kebanyakan saat ini memang lebih menggunakan atap yang berbentuk rata sehingga terdapat jarak yang cukup tinggi dari lantai dasar yang bisa diotimalkan. Namun di bebeberapa daerah ada yang memiliki peraturan dimana mengharuskan atap rumah didesain dengan bentuk limasan. Untuk itu lah anda bisa mendesain dan memodifikasi sendiri bagaimana bentuk atap rumah sehingga tetap tampil modern.

 

 

2. Tetapkan Konsep Open Space (serba terbuka)

 

Dalam mendesain rumah gaya tropis, anda bisa mencoba menggunakan layout dengan konsep open space. Konsep dengan ruangan serba terbuka ini menjadi salah satu esensi yang cukup penting saat mendesain rumah tropis. Tujuan dari desain ini adalah untuk mengatur agar sirkulasi udara di dalam rumah tetap terjaga baik, sehingga kelembapan udara tetap terkontrol baik meskipun dalam kondisi musim apapun. untuk masalah privacy, tentunya arsitek yang anda pilih akan memberikan solusi agar dapat memenuhi kebutuhan ruangan pribadi bagi penghuni.

 

 

3. Adanya Ventilasi Alami

 

Udara menjadi salah satu faktor utama yang harus menjadi perhatian dalam merancang rumah tropis. Salah satunya adalah bagaimana mengatur susunan ruangan dan void yang dapat mengalirkan udara dari luar rumah ke dalam rumah begitu sebaliknya. Jika anda memiliki kelebihan lahan, anda dapat menjadikannya sebagai taman maupun swimming pool yang dimanfaatkan sebagai kantung udara. Sehingga udara di dalam rumah tetap terasa segar.

 

 

4. Lengkapi Unsur Air

 

Karakteristik lainnya dari rumah dengan nuansa tropis adalah dengan permainan-permainan dan warna-warna pop yang ceria serta pembuatan swimming pool di dalam rumah. namun jika anda memang tidak memiliki lahan lebih, anda bisa tetap mempertahankan unsur air dengan membuatkan kolam kecil yang lokasinya di dalam rumah dengan ditutupi lantai kaca serta desain lighting yang membuatnya semakin dramatis.

 

 

5. Penataan Taman Dan Tanaman

 

Nuansa tropis di dalam sebuah rumah akan jauh lebih terasa ketika anda bisa menata dengan tepat tanaman dalam taman di rumah anda. meskipun lahan yang anda miliki sangat terbatas, namun menghias rumah dengan taman-taman yang menarik dengan konsep taman vertikal maupun taman gantung akan membuat penampilan rumah menjadi lebih segar dan menarik.

 

 

Nah tu tadi ide desain rumah tropis yang anda bisa terapkan untuk rumah anda. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

0/5 (0 Reviews)

Leave a Reply