Ide Desain Rumah Scandinavian

Desain rumah Scandinavian memang sedang trend dan banyak digunakan saat ini karena memang konsep rumahnya yang berbeda. Desain rumah Scandinavian menggunakan konsep yang putih dan bersih, sehingga tak heran jika warna cat yang dominan digunakan adalah warna putih yang memiliki nuansa ramah dan hangat. Sehingga meskipun terlihat simple, namun tampilan rumah akan terasa elegan.

 

 

Gaya rumah Scandinavian diperkenalkan pertama kalinya sekitar tahun 1930an, namun baru berkembang dan menyebar luas pada tahun 1970. Interior rumah Sancidinavian memang minimalis sederhana yang tampak bersih. Sehingga tak heran jika banyak orang yang menggunakan gaya ini untuk hunian mereka. Nah bagi anda yang tertarik mengadaptasi rumah gaya Scandinavian ini di rumah anda, mungkin tips-tips dan ide desain di bawah ini akan sangat membantu.

 

 

Sentuhan Warna Monokrom

 

Di dalam dekorasi rumah Scandinavian yang minimalis, lebih banyak mengaplikasikan warna-warna monokrom untuk membantu mengesankan tampilan ruangan yang luas. Anda bisa memilih warna abu-abu atau putih pada bagian dinding dan lantai rumah anda. palet warna yang dapat anda gunakan antara lain adalah abu-abu, biru mud, cokelat muda, putih, dan krem. Pemilih warna-warna yang netral dan dingin akan membuat nuansa ruangan yang nyaman dan lapang.

 

 

Kesederhaan Dalam Desain

 

Keindahan pada desain dan arsitektur rumah Scandinavian adalah pada kesederhanaannya. Tidak ada detail maupun ornament yang tidak bermanfaat maupun berlebihan. Desain rumah Scandinavian biasanya menggunakan komposisi yang sederhana dengan menggunakan garis bersih, bentuk dasar, serta pilihan warna-warna yang solid.

 

 

Meminimalisir Motif

 

Prinsip utama yang digunakan dalam desain rumah Scandinavian adalah Less is more, sehingga semakin sedikit motif yang diterapkan akan jauh lebih baik. Dalam hal pemilihan motif-motif yang digunakan di dalam interior rumah, maka minimalisir penggunaan motif yang digunakan dalam dekorasi ruangan. Misalnya saja seperti motif glittery dan floral, akan lebih baik untuk menghindarinya. Sangat disarankan untuk memilih motif geometris, asimetris, stripes, maupun herringbone yang terlihat simple namun tetap artistic.

 

 

 Penggunaan Furniture Yang Sederhana Tetapi Tetap Fungsional

 

Perhatikan pemilihan furniture yang anda gunakan dalam rumah gaya Scandinavian. Penempatan dekorasi dan furniture menjadi hal yang sangat berpengaruh agar dapat memberikan kesan yang segar, bersih, dan luas di dalam ruangan anda. Meskipun terkadang anda ingin menaruh banyak furniture di dalam ruangan, namun akan lebih baik meminimalisir penggunaan furniture namun tetap fungsional. Desain ini akan memberikan banyak ruangan kosong dan hal ini lah yang membuat kesan lapang akan semakin menguat.

 

 

Pemanfaatan Jendela Kaca Yang Besar

 

Ciri khas dari gaya rumah Scandinavia lainnya adalah penggunaan jendela dengan kaca yang berukuran besar di berbagai sisi ruangan. Hal ini dimaksudkan agar cahaya matahari bisa masuk ke dalam ruangan. Sehingga secara otomatis juga dapat membuat biaya listrik menjadi lebih hemat. Jika anda berada di kawasan tropis yang setiap tahunnya bermandikan cahaya matahari, maka anda bisa mendesain topian yang ditempatkan di luar kaca besar sehingga cahaya tidak seluruhnya dapat masuk.

 

 

 Memasukan Unsur Tanaman Ke Dalam Ruangan

 

Suasana yang dibentuk dengan hadirnya warna-warna monokrom dan dingin tentunya akan menimbulkan keheningan dan kurang dinamis. Anda bisa mengimbangi hal ini dengan menghadirkan elemen tanaman yang dapat memberikan nuansa aktif. Anda juga dapat melekatkan pot-pot tanaman kecil di beberapa sudut ruangan maupun vas bunga di atas meja.

 

 

Pemilihan Aksesoris Tambahan

 

Jika anda kebingungan untuk mendekorasi interior rumah mediterania agar tidak terasa monoton, anda dapat meletakkan beberapa ornament serta hiasan lainnya di sisi-sisi dinding hunian sehingga dapat terlihat lebih menarik. Anda juga dapat meletakkan lampu-lampu tambahan di berbagai sudut ruangan sehingga dapat memberikan kesan yang unik serta semakin menguatkan konsep dan gaya rumah Scandinavian.

 

 

Gaya Eclectic dan Elemen Kayu

 

Material kayu selalu menjadi pilihan pada bahan furniture yang digunakan di dalam rumah sehingga dapat memunculkan kesan eclectic di dalam ruangan. Anda juga dapat mengaplikasikan warna putih di dinding rumah sehingga dapat menonjolkan pajangan yang anda gunakan dan terpasang di dinding.

 

 

Nah itu tadi beberapa ide desain rumah Scandinavian yang bisa anda terapkan untuk desain hunian yang anda idam-idamkan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

0/5 (0 Reviews)

Leave a Reply