Apa yang Dikonsultasikan Saat Permulaan Meeting dengan Jasa Arsitek

Dalam menggunakan jasa arsitek, konsultasi proyek menjadi sangat penting untuk mencegah hal-hal yang tidak dinginkan seperti keterlambatan pengerjaan atau anggaran dana yang tidak sesuai. Namun, banyak orang yang menemukan kesulitan dalam konsultasi atau bahkan malah menyia-nyiakan waktu tersebut. Hal yang seharusnya Anda lakukan adalah memanfaatkan konsultasi tersebut untuk membahas perencanaan proyek nantinya. Konsultasi seperti ini dapat dilakukan saat permulaan meeting dengan jasa arsitek. Oleh karena itu, untuk memudahkan Anda dalam menggunakan jasa arsitek, artikel ini akan membahas hal apa saja yang dapat dikonsultasikan saat permulaan meeting dengan jasa arsitek.

 

 

  1. Ungkapkan Keinginan Anda

 

Saat pertama kali meeting dengan jasa arsitek, Anda dapat mengungkapkan keinginan dan goal Anda. Ini adalah waktu yang tepat untuk berkomunikasi dengan arsitek dan mengungkapkan ide yang anda punya. Setelah itu, Anda dapat menginformasikan estimasi biaya, waktu, dan kelanjutan proyeknya. Dalam waktu konsultasi dengan jasa arsitek, Anda dapat bersikap terbuka dalam mengungkapkan keinginan dan kebutuhan sehingga nantinya arsitek dapat menganalisis dengan baik. Semakin banyak dan mendetil informasi yang Anda berikan, maka arsitek dapat lebih mudah membantu Anda dalam merancang bangunan.

 

 

  1. Menentukan Kebutuhan Desain

 

Langkah berikutnya yang dapat diambil adalah dengan menginformasikan kebutuhan desain pada jasa arsitek. Disini Anda dapat memberikan informasi bangunan seperti luas, bentuk, serta lokasi lahan. Selain itu, berapa banyak ruangan yang akan digunakan dalam bangunan nantinya. Hal seperti ini sangat penting untuk Anda bicarakan dalam konsultasi saat permulaan meeting dengan jasa arsitek.

 

 

  1. Menetapkan Desain yang Diinginkan

 

Selanjutnya, desain rumah yang Anda inginkan dapat diinformasikan juga kepada jasa arsitek. Jika pengetahuan Anda tidak cukup akan hal ini, maka menunjukkan gambar atau referensi dapat membantu proses perancangan desain rumah. Tipe rumah yang akan dibangun juga dapat dijadikan informasi saat berkonsultasi. Perbedaan dalam menentukan desain dan tipe rumah akan membawa perbedaan dalam harga bangunan. Contohnya jika Anda memilih tipe rumah minimalis maka harga bangunan akan berbeda jika Anda memilih tipe rumah Scandivanian.

 

 

  1. Merencanakan Kebutuhan Rancangan Bangunan

 

Setelah Anda menentukan kebutuhan desain dan tipe rumah, kemudian Anda dapat merencanakan dan menghitung satu persatu kebutuhan. Contoh kebutuhan bangunan yang Anda dapat konsultasikan kepada arsitek adalah mengenai bahan, tekstur, dan kebutuhan ruangan dalam bangunan. Konsep bangunan yang telah Anda konsultasikan dengan jasa arsitek dapat dibuat perencanaan secara mendetail. Hal ini dapat menghitung biaya dan anggaran dana yang akan dikeluarkan nantinya. Misalnya, Anda dapat merencanakan kebutuhan bangunan seperti bahan bangunan, properti sebagai penghias interior, dana tukang, dan lain-lain.

 

 

  1. Menentukan Biaya Proyek

 

Selanjutnya, Anda dapat berkonsultasi mengenai biaya proyek yang akan dijalankan. Jasa arsitek mungkin menyediakan beberapa cara seperti biaya yang bergantung pada persentase, biaya tetap, atau biaya yang bergantung pada jam kerja pada proyek. Anda dapat mendiskusikan cara yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Selain itu, Anda juga harus menyiapkan anggaran dana untuk mendukung keberlangsungan proyek. Dengan begitu, arsitek dapat menentukan perencanaan kebutuhan yang sesuai dengan anggaran dana yang Anda miliki.

 

 

Dengan demikian, Anda telah membaca hal apa saja yang perlu dikonsultasikan saat permulaan meeting dengan jasa arsitek. Hal-hal berikut perlu disampaikan dan didiskusikan dengan jasa arsitek sehingga akan tercapai keputusan bersama. Arsitek dapat membantu Anda merancang bangunan jika Anda memiliki sikap terbuka untuk menentukan keinginan dan kebutuhan. Sehingga, waktu konsultasi yang Anda miliki dengan jasa arsitek merupakan prime time dalam menentukan sukses atau tidaknya proyek nantinya.

0/5 (0 Reviews)

Leave a Reply