Apa Perbedaan Bangunan Kost Dan Homestay Yang Paling Mencolok

Tempat tinggal merupakan suatu tempat yang diperlukan semua orang. Oleh sebab itu ada banyak macam tempat tinggal yang dicari orang, termasuk kost maupun homestay. Tentunya banyak yang masih penasaran apa sebenarnya perbedaan bangunan kost dan homestay. Apalagi jika informasi yang tersedia kurang lengkap. Untuk lebih jelasnya simak saja perbedaan tersebut berikut ini supaya tidak salah dalam mengartikan keduanya.

 

 

Definisi

 

Jika dilihat dari segi definisi antara kost dan homestay, keduanya sudah jelas berbeda. Kost adalah suatu bangunan yang berupa kamar tidur dan disewakan untuk tempat tinggal dalam jangka waktu bulanan. Umumnya tempat ini dimanfaatkan oleh para mahasiswa yang sedang menuntut ilmu atau oleh para pekerja muda yang belum berkeluarga. Beda halnya dengan homestay. Homestay merupakan sebuah rumah yang dialihfungsikan sebagai tempat penginapan minimalis dengan tarif harian yang jauh lebih miring daripada hotel. Sehingga jika ingin berwisata dan menginap bisa lebih hemat, homestay dapat menjadi pilihan yang baik serta optimal.

 

 

Kelebihan Dan Kekurangan Kost

 

Tentunya ada beberapa kelebihan dan kekurangan menyewa kamar kost. Umumnya lokasi tempat kost tidak jauh dari lokasi kampus atau pabrik. Sehingga cukup mudah bagi para penghuninya untuk mengakses dan menuju lokasi dari kost ke tempat beraktivitas harian. Oleh sebab itu, kost merupakan pilihan favorit mahasiswa dan pekerja muda. Apalagi biayanya bersifat bulanan dan jauh lebih murah daripada hotel ataupun motel. Namun demikian tetap saja ada beberapa kekurangan dari memilih kost sebagai tempat tinggal, di antaranya yaitu sebagai berikut:

 

 

  • Umumnya kost tidak memiliki fasilitas yang lengkap dan seringkali juga hanya disewakan sebagai ruangan tanpa barang-barang.
  • Rumah kost tidak menyediakan keperluan makan dan mandi. Karena umumnya semua keperluan pribadi harus disiapkan sendiri oleh para penyewa rumah kost tersebut.
  • Rumah kost terkadang memaksa penghuninya untuk berbagi ruangan antara satu dengan yang lain. Oleh karena itu tidak ada privasi yang cukup antara penghuni kamar.
  • Kebersihan kamar rumah kost merupakan tanggung jawab para penghuni. Lain halnya jika di homestay, ada petugas yang membantu untuk proses pembersihan.

 

 

Kelebihan Dan Kekurangan Homestay

 

Lain gedung, lain pula kelebihan dan kekurangannya. Demikian juga dengan homestay. Tinggal di homestay memang memiliki beberapa kelebihan menggiurkan terutama bagi para pelancong yang ingin bepergian dengan biaya lebih mudah. Belum lagi biasanya fasilitas homestay juga cukup menarik dan ada pula yang setara fasilitas hotel berbintang. Namun, tentu saja tetap ada kekurangan dari menggunakan homestay sebagai pilihan tempat tinggal selama beberapa hari atau bahkan minggu. Berikut ini kekurangannya:

 

 

  1. Biaya yang dikeluarkan memang lebih murah dari hotel, namun jelas lebih mahal dari rumah kost. Jika rumah kost sifatnya bulanan, homestay sifatnya masih harian.
  2. Suasana yang ada di homestay cenderung seakan sedang berada di rumah dan cukup nyaman. Namun di lain pihak hal ini juga memicu banyaknya kejadian kriminal di homestay karena sistem pengamanan yang masih minim.
  3. Umumnya dalam suatu homestay bisa jadi pemiliknya juga tinggal di area tersebut. Sehingga lingkungan homestay bisa terganggu oleh aktivitas para pemilik.

 

 

Itulah sekilas penjelasan tentang apa perbedaan bangunan kost dan homestay. Dengan memahami keduanya secara jelas, tentu tidak susah untuk membedakannya juga. Sementara apabila sedang bingung memilih, maka sebaiknya pilih yang sesuai dengan kebutuhan dan cobalah untuk tidak dipaksakan. Sehingga apapun pilihannya berakhir dengan yang baik pula.

0/5 (0 Reviews)

Leave a Reply