Apa Itu HDII? Apa Kaitannya Dengan Arsitek?

Tentu bagi Anda para arsitektur dan para desainer interior sudah tidak asing lagi dengan istilah HDII. Namun apakah Anda tahu tentang peran HDII dalam bidang perancangan bangunan di Indonesia maupun Internasional? Dan apakah manfaat bergabung dengan komunitas ini? HDII atau singkatan dari Himpunan Desainer Interior Indonesia (Indonesia Society Of Interior Designer) adalah sebuah asosiasi yang menjadi perkumpulan antar desainer di Indonesia. Setiap desainer yang tergabung di dalam komunitas ini akan mendapatkan sertifikat profesi keahlian (SKA). Tetapi untuk para desainer yang ingin mendapatkan sertifikat keahlian ini tidak harus mengikuti komunitas ini untuk mendapatkannya.

 

 

Alasan Pembentukan HDII

 

Awal mula di buatnya asosiasi ini di karenakan anggapan masyarakat di Indonesia yang memiliki pandangan bahwa keberadaan para desain interior tidak sepenting arsitek. Masih banyak masyarakat di Indonesia yang menganggap bahwa desain interior itu tidak penting dan hanya profesi arsitek saja yang di butuhkan. Karena anggapan ini lah kemudian para desain interior untuk membuat sebuah komunitas yang bertujuan agar masyarakat lebih tahu tentang profesi desain interior yang tidak kalah pentingnya dengan arsitek. Hal ini juga yang kemudian menjadi dasar pembuatan HDII pada tanggan 17 Januari 1983 oleh Hoemar Tjokrodiatmo, Fred Haradian, dan Maya Soehamoko yang bertempat di Jakarta.

 

 

Perkembangan HDII (Himpunan Desainer Interior Indonesia)

 

Sejak pertama kali di buat HDII sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat utamanya perkembangan dalam bidang kerjasama dengan pihak asing. Terbukti pada tahun 1985 saja HDII sudah memiliki anggota penuh dari IFI (Interaction Federation of Interior Designer/Architects).

 

 

Perkembangan ini terus berlanjut dan di tahun 1989 HDII sudah melebarkan sayapnya hingga dunia internasional terbukti dengan HDII menjadi anggota APSDA (Asia Pasific Space Designers Association). Dengan perkembangan HDII yang terbilang sangat pesat ini membuktikan bahwa HDII mampu menjadi komunitas yang terpercaya dan bisa membuktikan kepada masyarakat di Indonesia bahwa keberadaan para desainer interior tidak kalah pentingnya dengan arsitek.

 

 

Alasan Para Desainer Muda Harus Bergabung Dengan HDII

 

HDII (Himpunan Desainer Interior Indonesia) menjadi suatu tempat perkumpulan bagi para desainer muda yang memiliki sisi kepedulian tinggi terhadap dunia desain interior serta dunia arsitek di Indonesia. Kepedulian tinggi ini memiliki tujuan agar semakin banyak orang yang mengetahui tentang tidak kalah pentingnya peran desainer interior di bandingkan dengan arsitektur.

 

 

Selain itu para desainer interior muda di harapkan bisa membawa desain interior ke perkembangan yang signifikan serta dapat meningkatan keahlian para profesional desain interior di dalam bidangnya. Hingga saat ini HDII sendiri sudah menjalin kerjasama dengan pihak Pemerintah Indonesia. Di antaranya adalah Dinas Perindustrian, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Kementrian Perdagangan, dan Lembaga Pengembangan Jasa Kontruksi (LPJK).

 

 

Hubungan HDII Dengan Arsitek

 

Jika berbicara tentang hubungan antara HDII dengan arsitek tentunya kedua bidang ini memiliki hubungan yang sangat erat. Mengingat bahwa desain interior yang memiliki peran tidak kalah penting dengan peran arsitek. Sehingga kedua profesi ini bisa di bilang berjalan berdampingan dan saling melengkapi dalam proses pembangunan di Indonesia.

 

 

Selain itu keberadaan HDII sendiri sudah terbukti dapat memperkuat program kerja para desain interior dan membantu mengembangkan hasil kerja para desainer muda di Indonesia. Oleh karena itu, untuk Anda yang berkeinginan menggunakan jasa desain interior ada baiknya Anda menanyakan apakah sudah bergabung dengan HDII atau belum. Karena para desainer interior yang sudah bergabung dengan HDII sudah tidak ragukan lagi keahliannya.

0/5 (0 Reviews)

Leave a Reply